:
:
Tokoh
Dr Ahmad Lutfi Fathullah MA, Putra Asli Betawi dan Pendiri Pusat Kajian Hadis 

gomuslim.co.id - Hadis merupakan sumber kedua dalam pengambilan sebuah hukum setelah Alquran. Mengingat hadis merupakan sumber kedua dalam rujukan pengambilan hukum, maka sangat penting bagi kita umat Islam untuk mempelajari dan menggali hadis-hadis. Atas dasar inilah Dr Ahmad Lutfi Fathullah MA mendirikan Pusat Kajian Hadis (PKH) pada 2008 lalu. Berikut profil Dr Ahmad Lutfi Fathullah MA sosok dibalik berdirinya Pusat Kajian Hadis (PKH) di Indonesia:

Dr Ahmad Lutfi Fathullah MA merupakan putra betawi asli dan salah satu cucu Guru Mughni Kuningan. Guru Mughni adalah seorang tokoh ulama Betawi kenamaan di era akhir 1800 dan awal 1900-an. Menurut cerita, pada era tersebut terdapat 3 tokoh ulama Betawi, yaitu Guru Marzuki, Guru Mansur, dan Guru Mughni. Ketiga tokoh ini tersebar di daerah Jakarta dan salah satunya adalah Guru Mughni yang melakukan dakwah Islamnya di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Dr Lutfi lahir di Kuningan, Jakarta pada tanggal 25 Maret 1964 dan menikah dengan Jehan Azhari. sekarang Dr Lutfi  dikaruniai 3 orang anak yaitu Hanin Fathullah, Muhammad Hadi Fathullah, dan Rahaf Fathullah.

Pendidikan dan Karya

Dr lutfi mengenyam Pendidikan sekolah dasar di SDN 01 Kuningan Timur Jakarta. Setelah lulus melanjutkan Pendidikan di Pondok Modern Gontor Ponorogo. Di Pondok tersebut, Dr Lutfi menimba ilmu selama 6 tahun kemudian melanjutkan studinya di Damascus University (S1) pada konsentrasi Ushul Fiqh, Jordan University (S2) pada konsentrasi Hadits dengan judul tesis رسوم التحديث في علوم الحديث للجعبري: تحقيق ودراسة, dan University Kebangsaan Malaysia (S3) pada konsentrasi yang sama dengan judul disertasi Kajian Hadis Kitab Durrat an-Nasihin.

Beberapa karya tulis yang sudah terbit diantaranya Hadis-Hadis Keutamaan Alquran, Rumus-rumus Hadis & Rijal al-Hadis, Hadits-hadits Lemah & Palsu dalam Kitab Durratun Nashihin, Fiqh Khitan Perempuan, 40 Hadis Keutamaan Dzikir & Berdzikir, Fiqh Nakerwan Hongkong, Menguak Kesesatan Aliran Ahmadiyah dan lain-lain.

Ada pula beberapa karya Dr Lutfi masih dalam proses penyelesaian dengan judul Kamus & Rumus-rumus Hadis, Pengantar Ilmu Ilal Hadis, Pesan Allah dalam Hadis-hadis Qudsi, Potret Surga & Neraka dalam Hadis-hadis Rasulullah SAW, Mari Berdoa : Filosofi, Fiqh, Etika dan Kumpulan dan Fiqh Harta Gono-gini.

Aktivitas Dakwah dan Mengajar

Berbagai aktivitas dakwah beliau jalani seiring dengan aktivitas akademis sebagai dosen Pascasarjana di berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, Program Interdisciplinary Islamic Studies Mc Gill Canada – UIN Jakarta, Universitas Islam Ibnu Khaldun Bogor, Universitas al-Aqidah Jakarta, serta University Kebangsaan Malaysia Bangi Slangor (Dosen Penguji tesis/disertasi). Selain itu Dr Lutfi juga menjadi dosen di Pendidikan Muballigh al-Azhar Jakarta dan Pendidikan Kader Ulama’ Pondok Modern Gontor.

Aktifitas lain Dr Lutfi saat ini adalah sebagai Guru SD dan SMPIT al-Mughni Jakarta, Direktur Perguruan Islam al-Mughni Jakarta, Pembimbing ibadah haji PT Dian Nusa Insani Jakarta, Direktur Pusat Kajian Hadits Jakarta, serta sebagai narasumber dalam program Kajian Kitab Kuning Sahih Bukhari Hikmah Pagi TVRI. Pusat Kajian Hadits pada awalnya merupakan suatu klub pencinta hadis di kampus UIN Syarif Hidayatullah dan Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an (PTIQ) pada tahun 1999-2000 an. Tahun 2004 rutinitas klub ini pindah ke kompleks Masjid Al-Mughni dan saat ini menjadi Pusat Kajian Hadits dengan basis teknologi multimedia.

Selain aktivitas di atas, Dr Lutfi juga aktif mengajar di beberapa Majlis Ta’lim Al-Bahtsi wa al-Tahqiq as-Salam, Masjid Baitul Mughni, Masjid at-Tin, Masjid Agung Al-Azhar, Masjid Baitus Salam, Gedung BIP Jakarta, Majlis Ta’lim as-Sa’adah, Ciputat, Masjid al-Hijrah, Masjid Shalahuddin Kalibata, Masjid al-Musyawarah Kelapa Gading, Ta’lim Bulanan di Masjid Istiqlal, serta Pusat Islam Bogor. Selain itu, Dr Lutfi juga sering mengisi seminar-seminar hampir di seluruh Indonesia serta luar negeri diantaranya London, Hongkong, Taiwan, Malaysia, Australia, dan Singapura.

Perpustakaan Hadis Digital

Alumnus Pondok Modern Daarussalam Gontor, Ponorogo ini, mengungkapkan, berdirinya PHK bermula ketika dirinya gemar mengoleksi kitab-kitab hadis untuk kepentingan akademisnya.

Kegemaran tersebut lahir karena dirinya menyadari koleksi kitab-kitab hadis di beberapa lembaga pendidikan Islam di Indonesia masih cukup terbatas. “Waktu saya mengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, koleksinya (kitab hadis) pun masih terbatas,” katanya

Hingga akhirnya, pada 17 Mei 2008, dengan sekitar ratusan jilid kitab hadis yang dimilikinya, Lutfi berhasil mendirikan PKH. Lahirnya PKH mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat. Pada acara peresmiaan pun turut hadir ribuan jamaah dari berbagai daerah, puluhan ulama, serta pejabat-pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Selain kajian hadis rutin setiap pekan, PKH juga memberikan pelayanan lain kepada umat. Yakni dengan memudahkan mereka mengakses kitab-kitab hadis melalui perpustakaan digital yang dikreasikannya.

Untuk keperluan pembuatan perpustakaan kitab hadis digital, PKH tidak murni mengkonversi kolek-koleksi kitab fisiknya ke dalam bentuk virtual. Tapi juga mengadopsi data dari sebuah situs hadis.

“Di dalam perpustakaan digital itu terdapat sekitar 5000 judul kitab hadis. Kita wakafkan untuk umat. Yang menginginkannya cukup mengunduh dan tak perlu membayar,” ungkap Lutfi menerangkan.

Dr Lutfi mencoba membuat aplikasi-aplikasi kajian Islam sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini mulai dari website, flash dan android. Beberapa karya multimedia yang sudah dirilis Pusat Kajian Hadits diantaranya : DVD Interaktif: Al-Qur’an Al-Hadi (11 Kemudahan Berinteraksi dengan Al-Qur’an), DVD: Metode Belajar Interaktif Hadits dan Ilmu Hadits, CD: Potret Pribadi dan Kehidupan Rasulullah SAW, DVD Interaktif: Hadits-hadits Keutamaan al-Qur’an, DVD Interaktif: Hadits Sahih Al-Bukhari, Terjemah dan Takhrij Interaktif (Edisi 1), DVD Interaktif: Indeks Tematik al-Quran, DVD Interaktif : Selangkah Lagi Anda Masuk Surga (Kajian Tematis Kitab Riyadh As-Shalihin). Ada beberapa karya dalam bentuk DVD yang masih dalam proses penyelesaian. Diantaranya DVD Interaktif: Fiqh Ramadhan, DVD Interaktif: Manasik Haji dan Umrah, DVD Interaktif: Ensiklopedia Sholat, DVD Interaktif: Potret Surga dan Neraka, DVD Interaktif: Ensiklopedia Sholat, DVD Interaktif: Hadits-hadits Zikir dan Berzikir, DVD Interaktif: Arbain an-Nawawi.

Informasi mengenai Pusat Kajian Hadis serta berbagai kegiatan dan info lainnnya bisa dilihat di www.pusatkajianhadis.comdan untuk melihat 5000 hadits bisa dibuka di pid.pusatkajianhadis.com. Selain itu bisa juga diakses al-qur’analhadi.com untuk mengakses Alquran digital serta warungustadz.com yang mengentri 3000 ustadz dengan kajian-kajiannya. Pengunjung bisa melihat berbagai artikel, video, serta informasi mengenai ceramah ustadz-ustadz sesuai dengan tema masing-masing. (Mr/pkh/mediasantri)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store