:
:
Produk
Aplikasi 'Muhasabah', Pencatat Pahala dan Dosa Sendiri Secara Manual

gomuslim.co.id - Sebuah aplikasi yang ada di Google Play Store membuat publik heboh. Sebab aplikasi bernama Raqib Atid menawarkan penggunanya bisa mencatat pahala dan dosa secara manual.

Seperti yang kita tahu, bahwa Raqib dan Atid merupakan nama malaikat dalam ajaran agama Islam yang bertugas mencatat amal perbuatan manusia, baik dosa maupun pahala.

Meski cenderung agak unik dan “nyeleneh” apabila melihat fungsi aplikasinya, tapi sebenarnya aplikasi tersebut bisa menjadi pengingat bagi Anda untuk terus berbuat baik, khususnya selama Ramadan 2020.

Karena ramainya pembicaraan para nitizen dengan pro dan kontranya, pemilik aplikasi bernama Mahmud Fauzi mengubah nama aplikasi tersebut dengan Muhasabah.

Persentase Catatan Kebaikan

Tentang Aplikasi Muhasabah

Apps hanya untuk muhasabah bukan yang lain hisablah dirimu sebelum dihisab Allah.

Apps yang dapat membantu anda mejadi pribadi yang lebih baik, dengan merecord kesalahan dan kebaikan anda tiap hari dan memberi anda ringkasan dan grafik kesalahan serta kebaikan anda setiap hari.

Persentase Catatan Dosa

Bila definisi lebih baik di masa sekarang adalah dosa yang kita lakukan hari ini cenderung lebih sedikit dari dosa dihari lalu dan pahala yang kita lakukan di hari ini cenderung lebih banyak dengan pahala yang kita lakukan di hari yang telah lalu maka bagaimana kita bisa menjadi orang yang lebih baik tanpa record perilaku kita dihari lalu.

Aplikasi ini berusaha melakukan record perilaku anda sehingga anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari hari yang lalu.

Jenis Catatan Kesalahan

Sebelum catatan amal dari malaikat yang Raqib Atid dibukakan, dan sebelum Allah menghisab amalmu alangkah lebih sangat baik renungkan amalan dan dosa yang telah anda perbuat

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18).

Maimun bin Mahran rahimahullah berkata:

لَا يَكُوْنُ الْعَبْدُ تَقِيًّا حَتَّى يَكُوْنَ لِنَفْسِهِ أَشَدُّ مُحَاسَبَةً مِنَ الشَّرِيْكِ الشَّحِيْحِ لِشَرِيْكِهِ

“Tidaklah seorang hamba menjadi bertaqwa sampai dia melakukan muhasabah atas dirinya lebih keras daripada seorang teman kerja yang pelit yang membuat perhitungan dengan temannya”.

Imam Al Ghazali dalam kita Ihya Ulumiddin pun berkata:

“Ketahuilah! Sesungguhnya manusia semestinya meninggalkan catatan wasiat pada setiap harinya, maka kewajiban juga melalukan pengiraan terhadap perilaku mereka, tidak ada bedanya dengan pedagang yang mengira untung-rugi pada tiap tahun,bulan bahkan setiap hari.”

 Jenis Catatan Kebaikan

PENTING :

1. Semua data disimpan di perangkat user

2. Tidak ada data apapun baik itu data inputan user atau data lain yang berkaitan dengan user di simpan deserver

Cara Penggunaan

Lalu, bagaimana sahabat gomuslim mendapatkan aplikasi tersebut? siapa tau para sahabat ada yang ingin melakukan pencatatan dosa dan kebaikan yang dilakukan setiap harinya, guna bermuhasabah diri dan meminta ampun kepada Allah SWT. Begini caranya:

  • Download dan install aplikasi Raqib Atid di Google Play Store. Aplikasi ini tersedia secara gratis.
  • Ada dua pilihan pencatatan di sini, yakni Dosa dan Pahala.
  • Kategori Dosa, Anda bisa mencatat sekaligus melakukan pengakuan dosa ketika melakukan hal-hal yang dilarang agama. Misalnya, mengucapkan kata kotor, mencuri, ingkar janji, membantah orang tua, ghibah, dan lainnya.
  • Anda pun bisa menambah “kategori dosa” dengan menekan tombol Tambah Jenis Dosa.
  • Beda halnya dengan Pahala. Anda bisa mencatat kebaikan apa saja yang telah dilakukan. Sebut saja dzikir, shalat, membantu orang tua, membaca Al-Quran, dan kebaikan lainnya.
  • Untuk mengaku dosa maupun mencatat amal kebaikan di aplikasi Raqib Atid, Anda tinggal menekan tombol + di setiap jenis dosa maupun pahala.
  • Nantinya, semua data masukan yang diterima aplikasi akan dihitung dan disajikan dalam bentuk grafis lingkaran maupun garis.
  • Tujuannya, agar Anda bisa mengetahui pasti, apakah dalam sehari-hari Anda lebih sering berbuat kebaikan atau tidak. Jika tidak, inilah saatnya untuk memperbaiki diri.

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store