:
:
Produk
Kopi Cibulao, Produk Kopi Robusta dan Arabica Hasil Karya Anak Bangsa

gomuslim.co.id – Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas dari pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabica).

Sebelum dapat diminum, kopi harus melalui proses panjang. Mulai dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan. Kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian, biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi. Barulah kopi bisa diseduh lantas diminum. 

Agar dapat memberikan dan menikmati cita rasa yang nikmat, Kiryono atau lebih akrab di panggil Kang Yono memilih berkebun kopi sendiri di wilayah Cigunung, Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor. Pembibitan, pemetikan, pengolahan hingga penyajiannya pun ia lakukan sendiri.

Kiryono, pemilik Kebun Kopi Cibulao yang berada di Wilayah Cigunung, Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kebun kopi milik Yono ini berdiri di atas bukit dengan luas tanah 35 hektare. Di kebun itu, terdapat dua jenis kopi yaitu Arabica dan Robusta. Kebun kopi milik Kang Yono ini pernah menjadi juara satu tingkat nasional dalam perlombaan Kontes Kopi Seluruh Indonesia (KKSI) dengan kualifikasi uji, cita rasa, dan kenikmatan kopi pada 2016 lalu.

Kebun Kopi, di Atas Bukit dengan Luas Tanah 35 Hektare

Piala Juara 1 Sebagai Bukti Kopi Cibulao Menerima Juara 1 Tingkat Nasional Perlombaan KKSI 2016 Lalu

Bagi masyarakat yang ingin berbisnis kopi tapi tidak mengetahui cara mengelola kopi yang baik, Kang Yono bersama timnya memberikan pelatihan pembuatan kopi bertaraf professional.

Ia mengaku, kebun kopi dan rumahnya sering didatangi oleh para pengusaha kopi ataupun calon pengusaha kopi untuk membeli biji kopi hasil perkebunannya.

Kebun Milik Kang Yono, sering di datangi pengunjung dari berbagai wilayah di Indonesia untuk memetik hasil panen dengan membelinya ataupun hanya sekedar melihat-lihat

“Alhamdulillah, banyak yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Ada yang hanya membeli biji kopi, ada yang minta di rosting, ada yang training juga mulai pembibitan hingga pengolahan. Insya Allah kami berikan ilmu pengetahuannya kepada masyarakat luas,” ungkap kang Yono kepada gomuslim.

Adapun kopi yang siap dijual Kang Yono ini sudah memiliki kemasan produk sendiri yang juga siap dipasarkan.

Kopi Robusta:

1. Kemasan 100 gram seharga Rp. 32.000

2. Kemasan 250 gram seharga Rp. 65.000

Kopi Arabica:

1. Kemasan 100 gram seharga Rp. 45.000

2. Kemasan 250 gram seharga Rp. 95.000

Kang Yono menyebut, seluruh kemasan siap antar diseluruh wilayah di Indonesia. Bagi masyarakat yang ingin memasan kopi dapat menghubungi Kang Yono di nomer telepon 081912104089 atau dapat dilihat melalui website dengan kata kunci “Kebun Kopi Cibulao”. (hmz)


Alamat Kebun Kopi Cibulao:

Kampung Cigunung, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor 16750

Nomor Kontak:

0819-1210-4089 (Kang Yono)

Responsive image
Other Article
Responsive image