:
:
Produk
Learn Quran, Aplikasi Permudah Belajar Tajwid Hingga Tafsir Alquran

gomuslim.co.id - Alquran sebagai kalamullah merupakan pedoman hidup yang di dalamnya terdapat pembelajaran yang lengkap mencakup seluruh aspek kehidupan. Kemampuan membaca dan pemahaman Alquran yang baik dan menyeluruh akan menciptakan Muslim yang baik, yang bisa menjadi rahmatan lil 'alamin.

Alquran merupakan guide book yang Allah SWT firmankan demi terwujudnya nilai-nilai cinta dan kasih sayang di alam semesta. Manusia sebagai khalifah di dunia memiliki kewajiban untuk tidak hanya sekadar membacanya, tapi juga memahami isinya dan mengamalkannya.

Namun demikian, data Badan Pusat Statistik menunjukan bahwa umat Islam Indonesia yang buta huruf Alquran ada sekitar 54 persen. Lalu riset PTIQ Jakarta menyebutkan, umat Islam Indonesia yang tidak bisa membaca Alquran ada sekitar 60-70 persen.

Sementara data dari BAZNAS menunjukan hanya 50 persen yang dapat membaca Alquran. Dari 50 persen tersebut, hanya 40 persen yang dapat membaca sesuai dengan hukum tajwid dan makhraj dengan baik.

Dari data tersebut, kita bisa melihat bahwa hampir separuh umat Islam Indonesia belum bisa membaca Alquran. Padahal, kemampuan membaca Alquran adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap Muslim. Hal ini mengingat dalam setiap salat, seseorang wajib membaca Alquran.  

Menjawab persoalan tersebut, aplikasi Learn Quran hadir dengan ragam kemudahan untuk belajar membaca dan memahami Alquran. Aplikasi yang digagas startup asal Depok ini dapat diakses Smartphone melalui Playstore dan Appstore atau pun dibuka langsung melalui laman website.

Ada empat nilai yang terkandung dalam aplikasi interaktif Learn Quran, yaitu efisien, efektif, high quality, dan bermanfaat bagi banyak orang. Kurikulum yang dibenamkan di dalam aplikasi pun tidak main-main. Penyusun kurikulum dari berbagai sumber seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Arab (LIPIA) merupakan garansi akurasi dan komprehensivitas.

Sejak diluncurkan pada 2012 silam, Learn Quran kian menuai popularitas di kalangan umat Islam. Tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia internasional. Jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi ini telah melebihi 1,6 juta di lebih dari 200 negara di dunia.

CEO Learn Quran, Muhammad Sani mengatakan misi dari Learn Quran adalah menciptakan aplikasi dan website terbaik dunia untuk belajar Alquran. Produk pertamanya, Learn Quran Tajwid telah digunakan lebih dari 1,6 juta orang di 160 Negara di dunia. Ribuan orang setiap harinya menggunakan Learn Quran untuk belajar dan mengajar Alquran.

Learn Quran juga telah meluncurkan produk keduanya yaitu Learn Quran Tafsir. Produk ini adalah aplikasi dan website untuk belajar memahami Alquran dengan benar, mudah, cepat dan gratis. Learn Quran merupakan aplikasi belajar Alquran terbaik yang efektif, efisien, berkualitas tinggi, dan bermanfaat untuk sebanyak-banyaknya orang di seluruh dunia.

Learn Quran Tafsir menawarkan solusi teknologi untuk memberi kemudahan dalam memahami tafsir Quran melalui teknologi search engine dengan konten tafsir Alquran terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pengembangan produk ini dimulai pada Juli 2017 dalam bentuk situs (tafsir.learn-quran.co) dan aplikasi mobile Android (bit.ly/GetLQTafsir) dengan fitur-fitur dasar serta melakukan pemasaran dengan anggaran yang sangat minim sejak launching pada Januari 2018.

Dalam kurun waktu 3 bulan sejak launching, tercatat lebih dari lebih dari 800.000 pengguna telah mengakses situs dan menggunakan Learn Quran Tafsir dan sangat mendukung keberlanjutan pengembangan produk ini.

Kini, LQ Tafsir telah memiliki total 800.000 pengunjung situs/pengguna dengan rerata >1600 pengguna harian, dengan rekor 117 ribu orang selama satu minggu menggunakan aplikasi Learn Quran Tafsir.

Aplikasi ini dapat diakses bebas melalui smartphone, tablet, maupun PC. Nantinya, pengguna dapat mencari kosa kata, topik, maupun ayat-ayat tertentu di dalam Alquran.

Sebagaimana cara kerja Google, dalam hitungan detik akan muncul hasil pencarian dari jutaan kata-kata dalam Quran dan tafsirnya. Uniknya, mesin pencari Quran ini sudah mulai sedikit demi sedikit menerapkan teknologi Artificial Intelligence.

Pembuatan Learn Quran Tafsir dilakukan oleh sebuah tim kecil berjumlah empat orang, Mohammad Sani, Denny Yusuf, Himmatul Aliyah, dan Asma Nabila, serta ditambah dua orang penasihat.

Penasihat di bidang teknologi adalah Alham Fikri Aji, ahli Artificial Intelligence lulusan University of Edinburgh yang pernah bekerja di Apple dan Google, serta seorang ustaz muda lulusan LIPIA, Nur Fajri Romadhon, Lc. sebagai penasihat konten tafsir. (jms/learnquran)

 

Kontak:

Facebook & Instagram: Learn Quran

Website: https://learn-quran.co dan https://tafsir.learn-quran.co

Email: contact@learn-quran.co

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store