:
:
News
Luruskan Pemberitaan Soal Haji, Dubes Saudi Tegaskan Bukan Karena Alasan Diplomasi

gomuslim.co.id – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi meluruskan pemberitaan tentang haji yang ramai di media. Khususnya pasca Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan Pembatalan Keberangkatan Haji tahun 2021 secara resmi.

Dubes Essam mengatakankan, pembatalan haji itu sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Saudi yang kurang baik. Beberapa kalangan sebelumnya memang menilai pembatalan ini akibat masalah diplomasi.

“Masalah pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” ujarnya saat berkunjung ke Kantor MUI Pusat, Jakarta, Selasa (08/06).

Dubes Essam membantah penangguhan pemberangkatan haji Indonesia karena kebijakan Arab Saudi yang melarang jemaah dari Indonesia.

“Beredar kabar bahwa Arab Saudi melarang jemaah haji Indonesia, kabar itu tidak benar. Saya tegaskan sampai hari ini, Arab Saudi belum mengumumkan bagaimana prosedur haji dan apapun terkait dengan penyelenggaran haji tahun ini, termasuk belum ada satupun negara yang mendapat persentase kuota dan izin haji tahun ini,” kata dia.

Dubes Essam pun menghargai keputusan Pemerintah Indonesia yang menangguhkan pemberangkatan jemaah haji. Menurut dia, langkah ini sebagai upaya pemerintah Indonesia untuk melindungi keselamatan masyarakat dan jemaah haji.

Dia menambahkan, sampai saat ini, Kerajaan Arab Saudi bahkan belum mengirimkan undangan haji ke negara lain termasuk Indonesia. Ini tidak lain karena jika dilaksanakan, ibadah haji tahun ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.

 

Baca juga:

Daftar Tunggu Haji Makin Panjang, Begini Respon Kemenag

 

Dia berdoa semoga pandemi COVID-19 segera berakhir dan jemaah umrah dan haji asal Indonesia serta seluruh dunia bisa kembali mengunjungi tanah suci. “Kita berdoa, pandemi COVID-19 cepat berlalu, jamaah umrah dan haji bisa kembali serperti sedia kala,” tutur dia

Selain membahas Haji, Duta Besar Saudi juga membahas rencana kerjasama antara MUI dengan Arab Saudi. Kerjasama itu meliputi bidang ukhuwah, dakwah, dan sebagainya (ta’awun wa tabadulul ara’) yang berorientasi pada penguatan Islam Wasathiyah di kawasan Arab Saudi, Indonesia, maupun dunia internasional.

Kedatangan Dubes Essam disambut Ketua Umum MUI KH. Miftachul Akhyar, Waketum MUI KH. Marsudi Syuhud, Sekretaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH. Cholil Nafis, Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi KH. Abdullah Jaidi, dan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim.

Ini merupakan kunjungan pertama Dubes Saudi yang baru ini ke MUI sejak pertama kali dilantik. Sejak Januari 2021, sebenarnya Dubes Saudi sudah berkeinginan datang ke MUI, namun baru menemukan waktu sekaligus momentum yang tepat pada hari ini.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Habib Ali Hasan Bahar memandu pertemuan tersebut. Habib Ali sebelumnya sudah berulangkali bertemu dengan Dubes Saudi karena hubungan keduanya memang dekat. Terselenggaranya pertemuan ini juga melalui Habib Ali. (MUI)

 

Baca juga:

Kepala BPKH: Tidak Ada Investasi Gagal dalam Kelola Dana Haji

 

 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store