:
:
News
BAZNAS Salurkan Paket Ramadan Bahagia ke 29 Provinsi

gomuslim.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan Paket Ramadan Bahagia ke 29 provinsi di Indonesia. Pendistribusian paket berupa sembako serta alat salat ini, juga dilakukan oleh BAZNAS provinsi dan BAZNAS kabupaten/kota.

Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta, mengatakan program ini rutin dilakukan BAZNAS setiap tahun dalam rangka berbagi kebahagiaan dengan mustahik di bulan Ramadan. Program ini, kata dia, sekaligus memitigasi dampak sosial-ekonomi akibat pandemi COVID-19. 

“Terutama, bagi masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan dasar, sehingga mempengaruhi kondisi kehidupan mereka," ujar Arifin dalam acara talkshow di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Acara ini juga dihadiri Deputy Mall Director Cibubur Junction, Kukuh Satyo Budyo serta Ketua Panitia Ramadan BAZNAS, Fitriansyah Agus Setiawan ini, diselenggarakan di Pusat Perbelanjaan Cibubur Junction, Jakarta Timur.

Menurut Arifin, ini merupakan kegiatan penyaluran dana zakat yang dilaksanakan dalam  bentuk pendistribusian sembako serta alat salat oleh lembaga program Layanan Aktif BAZNAS (LAB) dan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB).

"Penerima manfaat tentu yang termasuk dalam kategori asnaf zakat sesuai dengan had kifayah,” ucap Arifin.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat Gerakan Cinta Zakat kepada masyarakat serta memaksimalkan potensi rukun Islam ketiga demi menyejahterakan umat secara lebih luas, terutama pada Bulan Suci Ramadan ini.

“Dengan program Paket Ramadan Bahagia, kami berharap dapat mencegah terjadinya kelaparan pada para keluarga pekerja yang sudah tidak memiliki lahan pekerjaan atau sumber penghasilan dalam menghadapi Bulan Suci Ramadan di masa pandemi,” ujar dia.

 

Baca juga:

Gandeng BAZNAS, Ajinomoto Serahkan Donasi Rp130 Juta untuk Korban Banjir Bandang NTT

 

Arifin menyebutkan, dari  Paket Ramadan Bahagia ini, di samping ada alokasi penyaluran ke provinsi, sebagian untuk persediaan.

“Program Paket Ramadan Bahagia BAZNAS juga akan tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan anggaran sebesar 3,8 miliar rupiah, dengan rata-rata biaya per mustahik sebesar 309 ribu rupiah,” tutur Arifin.

Dia menuturkan, BAZNAS  memastikan Paket Ramadan Bahagia ini diberikan secara tepat sasaran, terutama pada kelompok-kelompok rentan yang terdiri atas beberapa klaster penerima manfaat. Yaitu, klaster tenaga pendidik, klaster usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), klaster buruh informal, klaster buruh formal, klaster korban PHK dan pengangguran.

“Semoga kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada para mustahik untuk senantiasa bersyukur dan beribadah di masa pandemi Covid-19 serta menyadarkan masyarakat tentang urgensi zakat dan rasa peduli terhadap sesama,” kata Arifin.

Sementara Deputy Mall Director Cibubur Junction, Kukuh Satyo Budyo mengapresiasi acara Ramadan yang diinisiasi BAZNAS.

"Cibubur Junction sangat senang dan mendukung Program BAZNAS dengan memberikan fasilitas untuk membuka Gerai Zakat. Nantinya diharapkan zakat yang terkumpul dapat disalurkan dengan baik dan benar," tutur Kukuh.

Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan, yakni 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak), untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. (Baznas)

 

Baca juga:

Pimpinan BAZNAS: Bayar Zakat Lewat Kanal Digital Hukumnya Tetap Sah

Responsive image
Other Article