:
:
News
Aplikasi Ini Ajak Pengguna Berkunjung Virtual ke Makkah dan Madinah

gomuslim.co.id – Saat umat Muslim di seluruh dunia bersiap menyambut bulan suci Ramadan, sebuah aplikasi baru dirilis. Aplikasi tersebut memungkinkan jutaan Muslim untuk dengan mudah berkunjung secara virtual ke dua masjid suci di Makkah dan Madinah.

Aplikasi 3D, V Makkah, dikembangkan oleh Se-ma-phore Studio. Aplikasi ini mengajak pengguna untuk melakukan tur interaktif di dalam Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

“Pengguna juga dapat mengunjungi lokasi terdekat seperti Gunung Arafah, Jembatan Jamaraat, area Muzdalifah dan pameran yang diadakan di kota-kota suci,” demikian seperti dilansir dari publikasi Iqna, Kamis (8/4/2021).

Aplikasi ini tersedia dalam tujuh bahasa yakni Arab, Inggris, Turki, Persia, Urdu, Melayu dan Indonesia.

Sebelumnya V Makkah, ada terobosan lain bagi umat Islam di bidang ini. Pada Agustus 2016, aplikasi Manasik VR dirilis untuk memberikan kesan pertama Makkah bagi pendatang baru.

Aplikasi VR serupa yang diluncurkan pada tahun 2014 adalah Makkah 3D. Awalnya, aplikasi ini dikembangkan oleh Brainseed Factory. Namun kini telah dipindahkan ke Bigitec, sebuah perusahaan yang berbasis di Jerman.

 

Baca juga:

Begini Prosedur Ramadan di Masjidil Haram

 

Perusahaan lain dari Tatarstan berharap untuk memanfaatkan pasar adalah Miradj360 VR. 

Di sisi lain, pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan memberikan izin bagi jemaah yang ingin melakukan umrah atau mengunjungi tempat suci selama Ramadan. Namun dengan syarat mereka telah divaksinasi COVID-19.

Kebijakan ini diumumkan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi.

Kementerian menetapkan mereka yang ingin menerima izin harus telah mendapat dua dosis vaksin COVID-19 dan berdasarkan status imunisasi mereka di aplikasi Tawakkalna.

Hal ini juga berlaku untuk orang yang telah divaksinasi 14 hari setelah menerima dosis pertama atau orang yang divaksinasi yang telah pulih dari infeksi virus corona. (jms/iqna/aboutislam)

 

Baca juga:

Perluas Kapasitas saat Ramadan, Saudi Izinkan Umrah bagi Jemaah yang Sudah Divaksin

 

 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store