:
:
News
Kemenperin Dorong Pondok Pesantren Ikut Ciptakan Santripreneur

gomuslim.co.id - Pesantren disebut memiliki peran strategis untuk mendukung pertumbuhan sektor industri di Indonesia. Karena pesantren dinilai mampu mengembangkan sumber daya masyarakat di daerah sehingga menjadi sarana yang penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, saat ini banyak pesantren yang sudah dapat memenuhi kebutuhan internal pesantren bahkan memiliki unit bisnis yang juga melayani kebutuhan luar pesantren. Hal ini semakin menunjukan bibit-bibit wirausaha sudah mulai ditumbuhkan dan ditularkan kepada para santri di pondok pesantren.

 

Baca Juga: 

PESMA Dai Jatim Tebar Mushaf Alquran di Kampung 1001 Malam

 

"Oleh karena itu saya mendorong agar para santri selepas lulus dari pondok pesantren tidak hanya menjadi guru di Mushola atau Masjid tapi juga menjadi seorang Santripreneur," kata Gati dalam webinar di Jakarta, Selasa (30/03/2021).

Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan model penumbuhan wirausaha industri baru dan pengembangan unit industri di lingkungan pondok pesantren atau dikenal dengan program Santripreneur 'Santri Berindustri'.

Program tersebut memiliki tujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan unit industri dan wirausaha industri baru di pondok pesantren melalui pengembangan unit industri yang telah ada dan/atau menumbuhkan unit industri baru dan pengembangan sumber daya manusia pondok pesantren menjadi wirausaha industri baru melalui kompetensi teknis produksi, jejaring, dan manajemen. (red)

 

Baca Juga: 

Cerita Santri Daarul Qur’an Takhassus Brebes Khatamkan Hafalan Alquran 30 Juz

Responsive image
Other Article