:
:
News
Qatar Bantu Gaza 360 Juta Dolar AS

gomuslim.co.id - Pemerintah Qatar mengatakan akan memberikan bantuan 360 juta dolar AS untuk Jalur Gaza dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini memperbarui program untuk membantu mengurangi pertempuran antara Israel dan penguasa Hamas di wilayah itu.

Dilansir dari publikasi Arab News, Senin (1/2/2021), Qatar telah memberikan 20 juta dolar Amerika ke Gaza setiap bulan sejak 2018. Pembayaran tersebut untuk membayar listrik, membantu Hamas menutupi gaji pegawai sipilnya, dan memberikan tunjangan bulanan 100 dolar AS kepada sejumlah keluarga miskin.

 

Baca juga:

Aqsa Working Group Salurkan Bantuan Musim Dingin untuk Warga Gaza

 

Qatar memberikan dana tambahan untuk proyek pembangunan seperti jalan baru dan rumah sakit. Israel dan Hamas merupakan musuh bebuyutan yang telah berperang tiga kali sejak kelompok itu mengambil kendali atas Gaza pada 2007.

Pertempuran tersebut dikombinasikan dengan blokade Israel. Pertikaian yang berlanjut dengan saingan Otoritas Palestina telah merusak ekonomi Gaza.

Bantuan Qatar yang dikirimkan dengan persetujuan Israel, telah memberikan sedikit bantuan bagi ekonomi lokal dan dipandang sebagai faktor dalam mencegah ketegangan yang berkepanjangan. Pengumuman Qatar datang ketika Hamas dan Otoritas Palestina mencoba mengadakan pemilihan baru di wilayah Palestina. Pemungutan suara ini dimaksudkan sebagai langkah kunci menuju rekonsiliasi. (hmz/arabnews/dbs/hidayatullah)

 

Baca juga:

PBB Minta Israel Izinkan Vaksin COVID-19 Masuk Palestina

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store