:
:
News
Tiba di Saudi, Jemaah Umrah Indonesia Langsung Isolasi

gomuslim.co.id - Sekelompok jemaah umrah asal Indonesia tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz pada Sabtu (9/1/2021) malam. Kedatangan jemaah ini menyusul keputusan pemerintah Arab Saudi yang telah mencabut penangguhan penerbangan internasional, termasuk jalur masuk darat dan laut.

“Para jemaah selanjutnya langsung menjalani isolasi sebelum menunaikan ibadah umrah,” demikian seperti dilansir dari publikasi Arab News, Senin (11/1/2021).

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi ingin memastikan pelaksanaan ibadah umrah yang aman. Karena itu, otoritas setempat terus meningkatkan kesiapan semua layanan umrah dan perusahaan untuk memfasilitasi perjalanan jemaah selama tinggal di Kerajaan.

Keputusan tersebut sejalan dengan arahan pemerintah Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, serta tindak lanjut dari Menteri Haji dan Umrah, Dr. Mohammed Saleh bin Taher Benten.

Kementerian meminta para jemaah untuk mematuhi protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus corona (COVID-19). Mulai dari saat kedatangan jemaah hingga kembali ke Negara masing-masing.

 

Baca juga:

Kementerian Haji Luncurkan Kartu Pintar Baru untuk Jemaah

 

Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria Anshary, mengatakan penerbangan umrah perdana tahun 2021 dari tanah air berjumlah 106 jemaah. Mereka adalah jemaah yang berangkat dari Surabaya menggunakan pesawat Lion Air.

Grup pertama jemaah yang berangkat ini merupakan mereka yang gagal berangkat setelah 21 Desember 2020.

Ia menjelaskan, regulasi karantina di Saudi tetap berlaku bagi para jemaah yaitu karantina tiga hari sejak kedatangan. "Syarat umrah juga masih sama yaitu tetap di usia 18-51 tahun," kata dia.

Sebelumnya, pada 3 Januari 2021 pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengizinkan penerbangan internasional dan memberikan izin warga luar Saudi melakukan penerbangan keluar Saudi.

Kemudian, pada 8 Januari 2021, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan khusus penduduk Saudi tidak diperkenankan keluar negaranya sampai 31 Maret 2021. (jms/arabnews/kompas)

 

Baca juga:

Atap Masjid Nabawi Kembali Dibuka untuk Jamaah

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store