:
:
News
Riyadh Jadi Tuan Rumah Asian Games 2034

gomuslim.co.id - Riyadh dianugerahi salah satu acara olahraga paling bergengsi di dunia pada hari Rabu (16/12/2020) setelah pertemuan dengan Dewan Olimpiade Asia di ibu kota Oman, Muscat.

Dilansir dari publikasi Arab News, Kamis (17/12/2020), Pangeran Fahd bin Jalawi bin Abdul Aziz mengatakan kepada para atlet bahwa semua akan disambut di Arab Saudi untuk Asian Games 2034, dari mana pun mereka berasal.

Bahkan atlet yang berasal dari negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Arab Saudi dapat berpartisipasi.

 

Baca juga:

Bertemu Menpora RI, Dubes Saudi Sampaikan Keinginan Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030

 

“Kami berbicara tentang olahraga dan olah raga mempersilahkan orang untuk datang ke Arab Saudi dalam acara apapun. Kami telah menyelenggarakan banyak acara internasional dan ada peserta dari negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan kami,” kata Pangeran Fahd.

Pangeran menekankan bahwa Arab Saudi sangat selaras dengan prinsip-prinsip di balik gerakan Olimpiade modern. “Sejak dimulai pada tahun 1896, telah berbicara tentang tiga hal utama: respek, keunggulan dan persahabatan dan itulah yang terjadi dalam hampir 126 tahun sejauh ini,” tambah pangeran.

Asian Games berlangsung setiap empat tahun dan merupakan salah satu turnamen terbesar di dunia. Edisi 2018 yang digelar di Indonesia melibatkan lebih dari 11.000 atlet dari 45 negara yang mengikuti 465 cabang olahraga di 40 cabang olahraga. Acara 2022 akan berlangsung di kota Hangzhou di Cina sebelum pindah ke Nagoya di Jepang dan kemudian ke Doha pada tahun 2030.

Mengamankan turnamen pada tahun 2034 adalah pencapaian besar bagi Arab Saudi, terutama karena olahraga adalah salah satu pilar utama di balik Visi 2030 negara, sebuah agenda untuk mempromosikan masyarakat yang dinamis dengan ekonomi yang beragam dan berkembang.

Asian Games tidak hanya dapat menginspirasi bangsa dalam hal olahraga tetapi juga memberikan manfaat di bidang lain.

"Kami melihat pemuda dan rakyat kami. Menjadi tuan rumah acara semacam ini berarti menciptakan lapangan kerja baru, banyak pariwisata dan dampak ekonomi,” ungkapnya. 

Arab Saudi juga mengharapkan kabar baik dalam upayanya menjadi tuan rumah Piala Asia 2027 sepak bola dan pada hari Senin menyerahkan buku penawaran kepada Konfederasi Sepak Bola Asia di kantor pusatnya di Kuala Lumpur.

 

Baca juga:

Jepang Pastikan Olimpiade Tokyo 2021 Ramah Muslim

 

"Hari ini menandai langkah penting dalam ambisi kami untuk menjadi tuan rumah Piala Asia AFC untuk pertama kalinya pada tahun 2027," kata Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Arab Saudi Ibrahim Al-Kassim.

“Di bawah arahan pemerintah kami yang berkomitmen, dukungan dari sektor swasta kami yang besar dan jutaan penggemar sepak bola kami, Kerajaan Arab Saudi berada di balik tawaran penting ini. Saya sangat bangga dengan semua upaya tim kami. Dan saya sangat berterima kasih atas semua dukungan yang telah kami terima sejauh ini dari seluruh Asia,” sambungnya. 

Arab Saudi bersaing dengan India, Iran, Qatar dan Uzbekistan untuk memperebutkan jadi tuan rumah Piala Asia dan keputusan akan diambil pada 2021. (Mr/Arab News)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store