:
:
News
Berkat Rumah Gemilang Indonesia, Anak Petani Ini Sukses Jadi Juragan Bengkel

gomuslim.co.id - Siapa yang menyangka anak dari seorang petani biasa, bisa berhasil menjadi pengusaha bengkel sukses. Inilah yang dialami Rizal (usia) pemuda Desa Jemawan, Kecamatan Jati Anom, Klaten yang sedang menggeluti usaha dibidang jasa otomotif.

Sebelumnya Rizal tidak pernah mengira bahwa dirinya bisa berada pada posisi saat ini. Rizal yang merupakan anak dari seorang petani bahkan tidak bisa melanjutkan sekolahnya karena terbentur masalah ekonomi. Kehidupan keluarganya sangat sederhana, yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hanya mengandalkan hasil panen yang tak seberapa.

 

Baca juga:

Berkiprah Konsisten Membangun Insan Madani, Sejahtera dan Bahagiakan Indonesia

 

Sejak kecil Rizal kerap kali ikut membantu orangtuanya untuk mengolah sawah mulai dari menanam, memberi pupuk, memeriksa padi dari hama, hingga memanen setiap musimnya. Bagi keluarganya, bekerja keras menjadi satu-satunya cara untuk menghidupi keluarga. Mereka sadar bukan keluarga yang berkecukupan, bahkan bisa dikatakan di bawah garis kemiskinan.

Karena punya tekad yang kuat untuk memperbaiki kondisi perekonomian keluarga, setelah lulus SMA Rizal memutuskan ikut bergabung melakukan pelatihan dan pendidikan selama 6 bulan di Rumah Gemilang Indonesia (RGI) jurusan otomotif, sebuah program pengentasan pengangguran pemuda dari LAZ Al Azhar. Selama menjalani masa diklat bersama santri lainnya, Rizal termasuk santri yang tekun dan memiliki semangat untuk terus belajar. Pendidikan yang diperolehnya tak hanya sebatas pengetahuan di bidang otomotif saja, namun dari segi agama yang bisa menjadi bekalnya dalam hidup bermasyarakat.

Kegigihannya tak sia-sia. Tahun 2017 ia beranikan diri membuka usaha bengkel. Mulanya ia melayani perawatan motor dengan tangannya sendiri. Namun, seiring dengan meningkatnya permintaan dari para pelanggan ia mengalami kesulitan melakukan pelayanan. Ia kemudian mengajak alumni RGI lainnya untuk bergabung membantunya. Usahanya pun kini makin terus berkembang.

 

Baca juga:

LAZ Al Azhar Gandeng Trend Micro Bantu Warga Terdampak COVID-19

 

Menurutnya, kesuksesan tidak hanya menunggunya tapi harus dijemput dan fokus dalam mencapainya. “Alhamdulillah, setelah saya memutuskan untuk membuka bengkel kecil-kecilan ini setidaknya saya bisa membantu perekonomian keluarga dan membuka lapangan pekerjaan untuk para Alumni RGI juga masyarakat sekitar.” Ungkapnya.

Impian Rizal kedepan, dia ingin terus meningkatkan usahanya dengan membuka beberapa cabang bengkel. Dia juga ingin mengajak pemuda desa seusianya yang belum punya pekerjaan agar bisa ikut membantu di bengkel miliknya.

Impian Rizal kedepan, dia ingin terus meningkatkan usahanya dengan membuka beberapa cabang bengkel. Dia juga ingin mengajak pemuda desa seusianya yang belum punya pekerjaan agar bisa ikut membantu di bengkel miliknya. (Mr/rls)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store