:
:
News
Islamolog Asal Inggris Terima Penghargaan Timur Tengah

gomuslim.co.id – Seorang Islamolog asal Inggris, Michael Cook menerima penghargaan bergengsi dari ajang Penghargaan Timur Tengah untuk karya dan studinya di bidang Islamologi dan Timur Tengah.

Dilansir dari publikasi Iqna, Ahad (11/10/2020), Michael Cook merupakan seorang profesor Universitas Studi Timur Tengah Universitas Princeton. Ia berhasil memenangkan Penghargaan Middle East Medievalists Lifetime Achievement Award 2020 untuk karyanya di Timur Tengah dan studi Islam.

Cook, yang menjadi anggota fakultas Princeton sejak 1986 telah banyak menulis tentang studi Islam dan sejarah intelektual dunia Islam. Penelitiannya sebagian besar terkait dengan pembentukan peradaban Islam dan peran dimana nilai-nilai agama membantu dalam proses pembentukannya.

 

Baca juga:

Miliarder Muslim di Inggris Beli Supermarket Asda

 

Buku Cook yang berjudul ‘Commanding Right and Forbidding Wrong in Islamic Thought’ pun diketahui memenangkan penghargaan Middle East Studies Association Albert Hourani Book Prize pada tahun 2001. Buku ini diakui layak mendapat tepuk tangan pada tahun 1385 oleh Buku Tahun Republik Islam edisi ke-24.

Cook sendiri adalah anggota fakultas akademi British, anggota American Philosophical Society, dan anggota American Academy of Sciences and Arts.

Setiap tahun, Penghargaan Middle East Medievalists Lifetime Achievement Award memberikan Penghargaan Prestasi Seumur Hidup kepada seorang ilmuwan yang telah membuat prestasi luar biasa dalam studi Timur Tengah. (mga/Iqna)

 

Baca juga:

Bantu Banyak Orang, Begini Kisah Inspiratif Miliarder Muslim Australia yang Viral

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store