:
:
News
Arab Saudi Rayakan Hari Nasional Kerajaan ke-90

gomuslim.co.id - Arab Saudi akan merayakan Yaum al-Wathan atau National Day Kerajaan ke-90 pada 23 September 2020.

Tanggal 23 September ditetapkan sebagai Yaum al-Wathan, karena hari tersebut merupakan hari di mana Kerajaan Arab Saudi berdiri, tepatnya tanggal 23 September 1932, setelah Raja Abdulaziz menyatukan Hijaz dan Nejed pada 18 September 1932.

Meriahnya perayaan ini, dirasakan masyarakat kota pesisir Jeddah untuk menyaksikan pertunjukan udara yang menandai dimulainya perayaan Hari Nasional Saudi ke-90.

 

Baca juga:

Rayakan Hari Nasional Saudi, Dubai Tampilkan Beragam Atraksi Wisata

 

"Saya sangat menyukainya dan saya menyukai organisasi mereka, bagaimana semua pesawat dimulai dan diselesaikan secara bersamaan," kata Sarra Bukhari warga Jeddah kepada Arab News Selasa (22/9/2020).

60 pesawat sipil dan militer melayang di atas kepala para penonton dalam formasi berbeda. Ada pesawat transportasi tanker multiperan Airbus A330, F-15, Eurofighter Typhoon, dan BAE Hawk.

Sebelumnya, Pemerintah kota Jeddah telah menyetujui sejumlah kegiatan dan pertunjukan yang akan diadakan di jalan-jalan, alun-alun, gedung, gerbang, dan situs lain untuk perayaan pada Rabu (23/9/2020) di bawah slogan "To the Summit."

Kegiatannya meliputi kontes, pertunjukan berkuda, seni rupa dan pajangan ucapan selamat dan slogan di layar dan papan reklame, serta bendera dekoratif dan pencahayaan.

Wakil walikota layanan masyarakat Jeddah Ayedh Ali Al-Zahrani mengatakan warga Saudi dan ekspatriat dapat menyaksikan demonstrasi keterampilan berkuda dengan joki berpakaian tradisional Arab.

Kemudian, mengibarkan bendera Saudi selama tiga hari di gerbang kota di Jalan Suci Mekkah dan Jalan Madinah.

Al-Zahrani mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Himpunan Anak Penyandang Disabilitas akan menggelar lomba menggambar online bertajuk “90 tahun” selama 30 hari untuk foto dan gambar tanah air.

Selain itu, sebuah kompetisi bertajuk "Rayakan Tanah Air, Jeddah" akan diluncurkan di platform YallaJeddah.sa untuk semua orang Saudi dan ekspatriat.

Untuk berbagi foto perayaan Hari Nasional mereka dan mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah senilai total 24.000 dolar AS atau sekitar Rp 355 juta.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Inovasi Kota bekerja sama dengan Perusahaan Pengembangan TAM dan tanggal penutupan entri 25 September 2020..

Al-Zahrani menambahkan bahwa King Abdul Aziz Center akan menjadi tuan rumah pameran seni dan lokakarya bagi para seniman.

Selain menyelenggarakan acara grafiti untuk lukisan Raja Salman dan putra mahkota di jalan setapak Al-Tahlia dan Rehab serta Taman Al-Irada.

Pemerintah kota Jeddah telah meluncurkan prakarsa "Draw the Nation".

Di mana sejumlah mobil tua telah dilukis sebagai mahakarya para seniman dan akan dipamerkan di depan umum di tepi laut baru Jeddah dan alun-alun utama mulai 23 September 2020.

Sebuah mural sepanjang 90 meter juga akan diresmikan di Al-Serafi Mega Mall bekerjasama dengan Jeddah Eye Association.

Al-Zahrani mengatakan landmark utama akan didekorasi dengan bendera dan pencahayaan, termasuk alun-alun Globe, Al-Tahlia dan Qanadil serta Jalan Raja, Al-Salam, Al-Andalus, dan Al-Amana. Kotamadya dan bangunannya akan diterangi dengan warna hijau.

 

Baca juga:

Kerajaan Saudi Akan Mulai Kembali Layanan Umrah

 

Pajangan tersebut akan mencakup pemasangan layar LED sepanjang Globe Square untuk menampilkan identitas dan slogan hari nasional Saudi, serta gambar para pemimpin Saudi.

Sedanhkan pertunjukan udara, disertai dengan kembang api, sebagai bagian dari rangkaian acara yang direncanakan oleh Otoritas Hiburan Umum (GEA) untuk perayaan hari nasional pada Rabu (23/9/2020).

Acara tersebut disiarkan pada 23 September 2020 di Saluran TV Saudi pukul 4 sore waktu setempat.

GEA juga meluncurkan inisiatif yang disebut "Kami bernyanyi untuk negara kami." Di mana warga akan berpartisipasi dengan tagar dan video pribadi untuk menyanyikan lagu kebangsaan.

Video terpilih akan digunakan untuk menghasilkan karya seni komprehensif yang mencerminkan semangat partisipasi nasional.(Mr/Saudinesia/Serambi news)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store