:
:
News
Pertama di Dunia Arab, Ibu dan Anak Asal Lebanon Ini Jadi Driver Ojek Khusus Wanita 

gomuslim.co.id - Seorang ibu di Lebanon dan putrinya telah menjadi yang pertama di dunia Arab yang menyediakan ojek khusus wanita untuk membantu wanita bepergian dengan murah, aman, dan cepat.

Dilansir dari publikasi Alarabiya, Rabu (2/9/2020), Rana Karazi, ibu dua anak, kehilangan pekerjaannya di sebuah perusahaan keamanan pada Desember 2019 di tengah runtuhnya ekonomi Lebanon. Karena ingin menafkahi keluarganya, dia memulai Moto Taxi by Rana untuk mendapatkan uang dan memberikan layanan kepada wanita Lebanon.

 

Baca juga:

Muslimah Naik Ojek Online? Ini Hukumnya dalam Islam

 

Ketika krisis ekonomi dan keuangan yang sedang berlangsung di negara itu, banyak yang beralih ke mode bertahan hidup. Pada akhir 2019, 45 persen Lebanon hidup di bawah garis kemiskinan, menurut perkiraan Bank Dunia. Hari ini, dan setelah ledakan dahsyat pada 4 Agustus 2020 di pelabuhan Beirut, jumlah itu kemungkinan besar meningkat.

Karazi yang baru saja menganggur menerima telepon dari seorang teman yang sibuk beberapa bulan yang lalu yang mengatakan bahwa dia akan membayar Karazi untuk mengantar anaknya ke dan dari tempat anak itu pergi.

“Saya mengantar anaknya bolak-balik dan dia memberi saya uang. Ketika saya menyelesaikan misi saya, saya berkata pada diri sendiri mengapa saya tidak menjadikan bisnis pribadi dari layanan transportasi itu, ”Karazi mengatakan kepada Al Arabiya English.

Seorang ibu dari Carine yang berusia 20 tahun dan seorang adik laki-laki, Karazi yang berusia 39 tahun menjelaskan bahwa dia menguasai seni mengendarai sepeda motor pada usia 35 tahun.

“Dalam beberapa bulan, putri saya dan saya menggunakan media sosial [grup Instagram, Facebook dan WhatsApp] untuk mempromosikan bisnis kami ... Seiring bertambahnya daftar klien kami, saya harus melatih Carine cara mengendarai sepeda motor dan dia menjadi partner, ”kata Rana, yang tinggal di daerah Tareeq Al Jdeede Beirut.

Karazi mengatakan dia sekarang harus menyewa pengemudi ketiga untuk memenuhi permintaan.

“Kami telah membuktikan sukses besar dalam tiga bulan. Hari-hari mendatang jadwal kami hampir penuh sehingga saya harus meminta tetangga saya untuk bergabung dengan tim saya, ”katanya.

Setelah mempelajari perjalanan dan pariwisata, ibu tunggal ini mengatakan dia sekarang memiliki armada dua sepeda motor yang membutuhkan perawatan dan layanan terus-menerus selain dari pengeluaran sehari-hari.

Dia membayar sekitar 25.000 pound Lebanon ($ 17 dengan nilai tukar resmi, yang sekarang telah merosot secara dramatis) untuk penggantian oli untuk setiap sepeda motor setiap bulan, dan biaya bahan bakar harian sekitar 4.000 pound. Duo ibu-anak ini mengenakan biaya 3.000 pound per perjalanan, yang kira-kira setara dengan biaya naik taksi bersama standar di Lebanon.

Ketika ekonomi Lebanon terus berkontraksi, dan kekacauan politik meningkat, kekurangan dolar di negara itu terus menekan nilai tukar dan nilai dolar berfluktuasi selama setahun.

Seiring dengan ketidakpastian negara, situasi ekonomi yang dahsyat, dan bahaya kesehatan akibat COVID-19, Karazi mengatakan jumlah kliennya meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

 

Baca juga:

Sisihkan Penghasilan, Driver Ojek Online Ini Dirikan Rumah Tahfidz

 

“Hidup menjadi lebih mahal dan kurang aman. Itulah salah satu alasan utama mengapa klien wanita lebih mempercayai saya. Wajar jika keluarga mengirim anak perempuan, istri, saudara perempuan dengan ojek karena lebih murah, lebih cepat, lebih mudah dan lebih sehat - terutama di tengah kekhawatiran tertular virus corona. Penumpang saat ini tidak menggunakan taksi untuk menghindari interaksi dengan pengemudi, sedangkan dengan sepeda motor, risikonya lebih kecil karena penumpang menggunakan masker dan sarung tangan, ”ujarnya.

"Saya juga merasa yakin bahwa publik mempercayakan saya untuk keselamatan istri, saudara perempuan, dan anak perempuan mereka, terutama ketika mereka menghubungi kami untuk mengantar mereka berkeliling Beirut dan pinggirannya," katanya menekankan bahwa keluarganya yang berpikiran terbuka dan modern sangat mendukung. (Mr/Alarabiya)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store