:
:
News
1.909 Program Studi di Kampus Islam Belum Terakreditasi

gomuslim.co.id - Sebanyak 1.909 program studi (prodi) perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) Kemenag belum terakreditasi. Hal ini diungkapkan Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani pada rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VIII DPR Selasa (25/8/2020).

Ramdhani merinci, ada total 3.571 program studi yang tersebar di kampus swasta dan negeri, di mana 182 terakreditasi A, 774 terakreditasi B, dan 706 terakreditasi C.

 

Baca juga:

Kemenag Lantik Muhammad Ali Ramdhani sebagai Dirjen Pendidikan Islam

 

Ramdhani menuturkan, alasan masih banyaknya prodi yang belum terakreditasi adalah keterbatasan anggaran BAN-PT untuk mengakreditasi.

BAN-PT disebut, lebih memprioritaskan akreditasi perguruan di bawah Kemendikbud, lantaran Kemendikbud menjadi penyandang dana BAN-PT.

"Proses akreditasi (prodi PTKI menjadi) ditangguhkan,’’ kata Ramdhani

Dia menjelaskan, Kemenag telah berupaya menyediakan anggaran untuk akreditasi prodi meski jumlahnya tidak besar.

Seperti tahun 2018 anggaran akreditasi yang disiapkan Kemenag Rp 500 juta. Kemudian periode 2019 naik menjadi Rp 2 miliar.

’’Kemudian 2020 ini Kemenag perlu (anggaran akreditasi) Rp 10 miliar,’’ jelasnya.

 

Baca juga:

Kemenkeu dan Kemenag Diminta Siapkan Anggaran Pembebasan Lahan UIII

 

Namun dari anggaran yang sudah disiapkan Kemenag, harus realokasi untuk penanganan dampak pandemi COVID-19.

Ramdhani menuturkan ada sejumlah skenario yang sedang disiapkan. Diantaranya adalah anggaran akreditasi diambil dari dana di kampus bersangkutan. Skema ini baru bisa diterapkan di PTKI negeri. Tetapi belum bisa diterapkan untuk PTKI swasta. (Mr/tribun)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store