:
:
News
Kuwait Siapkan Pembangunan Gudang Gandum di Lebanon

gomuslim.co.id - Kuwait akan membangun kembali satu-satunya gudang gandum (silo) Lebanon yang hancur akibat ledakan di pelabuhan Beirut pada 4 Agustus lalu.

Dilansir dari publikasi The New Arab, Selasa (25/8/2020), Duta Besar Kuwait untuk Lebanon Abdel-Aal al-Qenaei mengatakan, rencana untuk silo biji-bijian lain di pelabuhan Tripoli Lebanon ditunda beberapa tahun lalu setelah gagal mendapatkan dana yang cukup.

“Kami memutuskan bahwa cara terbaik dan paling tepat untuk memulai dengan bantuan material adalah  membangun kembali silo,” kata Duta Besar Kuwait untuk Lebanon Abdel-Aal al-Qenaei, media lokal melaporkan pada Ahad (23/8).

Menurutnya, 85 persen dari gandum Lebanon dan pasokan gandum disimpan di gudang gandum di pelabuhan Beirut sebelum hancur oleh ledakan yang diyakini disebabkan oleh sekitar 2.700 ton amonium nitrat.

 

Baca juga:

Bantu Lebanon, WHO Minta Bantuan Dana Rp 1,1 Triliun

 

Program Pangan Dunia PBB telah mengumumkan akan mengirimkan 50.000 ton tepung terigu ke Beirut untuk menstabilkan pasokan gandum Lebanon setelah ledakan menghancurkan sekitar 120.000 metrik ton stok makanan, termasuk gandum, kedelai, dan bahan pokok lainnya.

Ia juga menuturkan, pembangunan kembali silo adalah bagian dari bantuan negaranya yang lebih luas ke Lebanon setelah ledakan, termasuk sekitar AS $ 41 juta miliar rupiah yang dijanjikan pada konferensi donor yang diselenggarakan Perancis yang diadakan secara online beberapa hari setelah ledakan.

Ledakan itu menewaskan sedikitnya 180 orang, melukai 6.500 orang dan membuat 300.000 orang mengungsi.

“Silo ini awalnya dibangun pada tahun 1969 dengan pinjaman dari Kuwait Fund for Development, dan itulah mengapa kami memutuskan untuk mengumumkan pembangunannya kembali,” kata Duta Besar. (hmz/thenewarab/dbs/min)

 

Baca juga:

Tiga Masjid Bersejarah dan Ikonik di Lebanon

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store