:
:
News
Turki Renovasi Masjid Era Ottoman di Afrika Selatan

gomuslim.co.id - Badan bantuan pemerintah Turki telah merenovasi Masjid Nur el-Hamidia yang dibangun pada era Ottoman di Afrika Selatan.

Masjid Nur el-Hamidia dibangun 135 tahun yang lalu di Cape Town dengan dukungan Ottoman Sultan Abdulhamid II.

Dilansir dari publikasi Daily Sabah, Senin (27/7/2020), Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) telah melakukan renovasi Masjid Nur el-Hamidia menggunakan kaligrafi, daun emas, motif dekoratif, dan bordir.

 

Baca juga:

Erdogan Luncurkan Papan Nama Masjid Hagia Sophia

 

“Masjid itu adalah simbol keterlibatan antara kedua negara. Masjid dua lantai, yang namanya diterjemahkan menjadi Cahaya Hamid, dibangun dengan dana yang disumbangkan oleh sultan Ottoman dan komunitas Muslim di Cape Town,” kata pejabat TIKA, Kamis (23/7/2020) lalu.

Abdurrauf Boux, kepala administrasi masjid, mengatakan TIKA telah melakukan serangkaian proyek di negara itu dan mengucapkan terima kasih kepada Turki untuk renovasi masjid yang akan menjadi daya tarik di wilayah tersebut.

 

Baca juga:

Salat Jumat Pertama di Hagia Sophia, Tanda Mahkota Perjuangan Muslim 

 

TIKA tahun lalu menyelesaikan pekerjaan renovasi besar-besaran di sebuah masjid bersejarah di kota Soweto, Johannesburg. Badan ini telah melakukan beberapa proyek pembangunan di negara tersebut dan wilayah Afrika Selatan secara luas. 

Tahun lalu, lembaga bantuan itu bermitra dengan otoritas Afrika Selatan untuk membantu merenovasi panti asuhan, terutama anak-anak yang terlahir dengan HIV / AIDS. Mereka juga secara teratur membagikan bantuan makanan selama bulan suci Ramadhan. (Mr/dailysabah)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store