:
:
News
Jelang Haji 2020, Saudi Fokus pada Langkah-Langkah Kesehatan

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi berfokus pada langkah-langkah kesehatan guna mencegah penyebaran wabah pandemi COVID-19 menjelang pelaksanaan ibadah haji 1441H.

"Persiapan dan tindak lanjut tim pemeliharaan sedang dilakukan setiap hari. Ini untuk mempersiapkan musim haji dengan memastikan bahwa layanan di Makkah dan tempat-tempat suci berada pada tingkat kesiapan tertinggi meskipun jumlah peziarah tahun ini sedikit," ujar Penasihat Ketua Dewan Otoritas Pengembangan Wilayah Makkah, Alaa Al-Nofaie seperti dilansir dari publikasi Arab News, Jumat (24/7/2020).

Asisten Wakil Menteri urusan Pelayanan di Presidensi Umum Dua Masjid Suci, Abdulhamid Al-Maliki mengatakan situasi mendesak yang disebabkan oleh pandemi membutuhkan upaya lebih. Ini untuk membantu pemerintah dalam menyajikan citra Kerajaan yang baik di dalam hal keamanan, kesehatan dan layanan.

Ia mengungkapkan, upaya keras Presidensi dalam memerangi COVID-19 memungkinkan Kerajaan untuk menghadapi tantangan apa pun. Selain itu, para personil haji pun telah siap untuk menangani virus yang menyebar cepat, terutama di antara orang banyak.

 

Baca juga:

Idul Adha di Masa Pandemi, Masjidil Haram Tetap Tertutup untuk Jemaah

 

Ia menjelaskan, ada lebih dari 3.500 pekerja ikut serta dalam operasi pembersihan besar-besaran di Masjidil Haram. Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci pun mengawasi program disinfeksi sebagai bagian dari upaya Kerajaan untuk membatasi wabah.

Dalam kegiatan pembersihan, para pekerja menggunakan 54.000 liter larutan sanitasi ramah lingkungan. 95 peralatan juga dikerahkan untuk operasi pembersihan harian di tempat suci.

Sementara itu, Walikota Makkah, Mohammed Abdullah Al-Quwaihis mengatakan jumlah kasus COVID-19 di Kerajaan saat ini lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara Barat, yang terlambat dalam tindakan pencegahan.

Ekonom Saudi, Fadhel Al-Buainain mengatakan Kerajaan mengutamakan kesehatan umat dengan adanya kebijakan penangguhan umrah dan pengurangan jumlah jemaah haji.

Sebelumnya, Badan Urusan Bimbingan dipimpin oleh Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah meluncurkan platform interaktif untuk jemaah selama musim haji.

Platform ini merupakan bagian dari kampanye 'Kami Bangga Melayani Para Jemaah dan Pengunjung'. Platform mencakup semua program mulai dari bacaan Alquran, pelajaran, ceramah hingga pidato. (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

Haji 2020, Saudi Bakal Denda Rp 38 Juta bagi Orang Masuk Makkah Tanpa Izin

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store