:
:
News
Karena COVID-19, Masjid California AS Siapkan Lahan Parkir untuk Salat Jamaah

gomuslim.co.id - Setelah berbulan-bulan tutup karena COVID-19, masjid-masjid di Santa Clara County, California, Amerika Serikat (AS) kini menemukan cara baru untuk menyambut jamaah kembali.

Masjid-masjid di kota itu menyiapkan tempat parkir mereka untuk menjadi tempat salat. Area terbuka akan memungkinkan jarak sosial sambil menghindari keramaian di bangunan tertutup.

Masjid-masjid juga akan menyelenggarakan tiga salat sehari di luar, dan enam salat pada hari Jumat untuk menghindari kepadatan.

Rencana itu muncul sebagai hasil kerja sama antara koalisi masjid South Bay dan departemen Kesehatan Masyarakat Kabupaten Santa Clara.

“Kami belum pernah melihat masjid ditutup saat terjadi bencana. Apakah Anda melihat haji semakin dekat? Ini tentu saja berdampak besar pada komunitas kami. Rasanya ada sesuatu yang hilang ketika Anda tidak bisa datang," ujar Akbar Syed, Presiden Pusat Islam Evergreen di San Jose seperti dilansir dari publikasi SF Gate, Senin (20/7/2020).

Salat luar masjid dimulai awal bulan ini dan hanya 25 orang yang diizinkan. Jumlahnya kemduain diperbanyak menjadi 35 orang, namun sebelumnya harus mendaftar di Eventbrite.

 

Baca juga:

Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid Birmingham Gelar Salat Jumat Tiga Shift

 

"Masjid kami selalu penuh setiap salat, bahkan ketika Subuh. Untuk salat Jum'at, kami menyelenggarakan tiga waktu (tiga shift) salat yang berbeda pada pukul 1:30, 2 dan 2:30 siang,"

Meskipun kembali normal, Syed khawatir pandemi COVID-19 akan berdampak pada`Idul Adha tahun ini.

Koalisi masjid South Bay bertemu pada Rabu malam untuk membahas rencana liburan Idul Adha yang akan datang. Keputusan akhir akan keluar 22 Juli 2020.

"Beberapa orang menyarankan agar kita melakukan salat (Id) dan memecahnya menjadi kelompok-kelompok kecil. Tetapi secara pribadi saya pikir kita harus merayakan di rumah," kata Syed.

“Tentu saja, saya akan sedih. Tetapi di sini kami sangat peduli tentang kesehatan umat. Kita tidak bisa mengambil risiko ada orang yang sakit,” sambung dia.

Seperti diketahui, masjid-masjid di seluruh dunia telah memulai kembali layanannya setelah berbulan-bulan terkunci karena coronavirus.

Reaksi beberapa Muslim terhadap pembukaan kembali masjid menjadi viral. Salah satunya seperti reaksi seorang pemain bola basket Muslim Amerika yang tidak bisa menahan kegembiraannya saat masjid di Qatar kembali buka. (jms/SFGate/aboutislam)

 

Baca juga:

Pasca Lima Bulan Tutup, Masjid Biru Afganistan Kembali Buka untuk Umum

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store