:
:
News
Kemenag Riau Izinkan Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid

gomuslim.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Riau mengizinkan pelaksanaan salat Idul Adha 2020 secara berjamaah di lapangan atau masjid. Namun dengan syarat protokol kesehatan untuk menghindari COVID-19 diterapkan dalam seluruh rangkaian kegiatan ibadah.

"Jamaah diwajibkan menggunakan masker, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer, dan mengatur jarak shaf di dalam masjid atau lapangan agar tidak berdekatan," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin di Pekanbaru, Kamis (16/7/2020).

Selain itu ia menegaskan bahwa warga yang sedang demam atau sakit tidak diperkenankan ikut salat berjamaah di lapangan atau masjid. Ia pun lebih menganjurkan salat Idul Adha dilaksanakan di masjid untuk memudahkan pengawasan penerapan protokol kesehatan, termasuk pemeriksaan anggota jamaah yang keluar masuk area ibadah.

Ia memaparkan, sesuai surat edaran Menteri Agama mengenai penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tahun 2020, penyelenggara kegiatan antara lain harus melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan ibadah dan melakukan pembersihan dan disinfeksi area pelaksanaan ibadah.

 

Baca juga:

Cegah Penyebaran COVID-19, Gubernur Riau Larang Pesantren Terima Kunjungan Tamu Luar

 

Di samping itu, penyelenggara kegiatan ibadah harus membatasi akses keluar masuk tempat ibadah, menyediakan fasilitas cuci tangan, menyediakan alat pengecekan suhu di pintu/jalur masuk, dan tidak mengizinkan masuk warga yang suhunya di atas 37,5 derajat Celsius dalam dua kali pemeriksaan dengan selang lima menit.

Penyelenggara juga diminta menerapkan pembatasan jarak minimal satu meter antar-orang dengan memberikan tanda khusus, mempersingkat pelaksanaan salat dan khutbahtanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukun, tidak menjalankan kotak amal, serta meminta jamaah membawa sajadah/perlengkapan salat sendiri. (mga/Antara)

 

Baca juga:

Satu Keluarga Pengusaha Ini Ucapkan Syahadat di Kantor PW NU Riau

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store