:
:
News
Pemerintah RI Pastikan Pesantren Aman dari COVID-19

gomuslim.co.id – Pemerintah Indonesia memastikan pesantren aman dari COVID-19. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi. Ia mengungkapkan, ada beberapa langkah yang saat ini harus dilakukan agar lingkungan pesantren menjadi kawasan sehat.

"Dulu Kiai Ma'ruf pernah sampaikan, pesantren aman sebagai sistem pendidikan (berbasis) asrama asal masuk ikuti prosedur COVID-19," ucap Masduki dalam keterangannya, Kamis (16/7/2020).

Menurut Masduki, pesantren yang aman untuk melakukan kegiatan adalah pesantren yang berada di zona hijau. Namun, tetap harus ada prosedur protokol COVID-19 saat proses belajar-mengajar.

"Para santri terutama bagi mereka yang ada pesantren itu, kategori masih hijau. Para santri masuk dengan ketat, dengan protokol kesehatan, dan sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas setempat, dengan Pemda setempat, itulah pernyataan Kiai Ma'ruf yang selama ini pernah diutarakan," kata Masduki.

 

Baca juga:

Update, Santri Pondok Gontor Positif COVID-19 Jadi 23 Orang

 

Jika ada pesantren yang masih belum melakukan kegiatan belajar-mengajar, Masduki menyarankan agar proses tersebut ditunda dulu. Pesantren bisa dibuka kembali saat kondisi pandemi Corona sudah bisa teratasi.

"Kalau ternyata belum masuk, para santri masih libur, sebaiknya itu harus ditahan dulu jangan masuk. Jangan masuk dulu, kalau ditahan itu jadi sangat bagus, supaya menjaga keselamatan bersama," katanya.

Masduki memberi perhatian kepada pesantren yang sudah melaksanakan proses belajar mengajar. Terutama jika terjadi kasus positif di lingkungan pesantren.

"Ketika sudah terjadi kasus ada santri sudah masuk pesantren lalu terkena Corona, ada beberapa pesantren, ada lima Pesantren. Perlu beberapa langkah," pungkasnya. (hmz/detik)

 

Baca juga:

Cegah Penyebaran COVID-19, Gubernur Riau Larang Pesantren Terima Kunjungan Tamu Luar

Responsive image
Other Article