:
:
News
Turki Beli Lukisan Sultan Ottoman Senilai Rp14 Miliar

gomuslim.co.id - Ibu kota perdagangan Turki, Istanbul, membeli lukisan Sultan Ottoman Mehmed II yang menakhlukkan kota itu senilai USD975.000 (Rp14 miliar) dalam lelang di London. Walikota Istanbul Ekrem Imamoglu mengumumkan di Twitter bahwa Kota Metropolitan Istanbul membeli lukisan itu.

“Lukisan abad 15 yang berjudul Sultan Mehmed II Sang Penakhluk telah dibeli Kota Metropolitan Istanbul dalam lelang langsung di London hari ini,” ungkap Ekrem Imamoglu, Sabtu (25/6/2020).

 

Baca juga:

Kerajaan Arab Saudi Pamerkan Potret Desa Madinah Tempo Dulu di Festival Janadriyah

 

“Kota Istanbul memenangkan penawaran senilai USD975.000 untuk lukisan minyak yang diyakini karya pelukis Italia Gentile Bellini pada 1480,” papar rumah lelang Christie’s.

Dalam pernyataan tertulis yang dirilis di websitenya, kota itu menyatakan lukisan itu akan dikembalikan ke asalnya, Istanbul, setelah beberapa tahun.

 

Baca juga:

Kagum dengan Sikap Ramah Umat Muslim, Pengrajin Italia Ini Hadiahkan Lukisan untuk Masjid di Jerman

 

Mehmed II merupakan sultan Ottoman yang menakhlukkan Istanbul dan mendapatkan gelar Fatih (Penakhluk). Dia baru berumur 21 tahun saat dia menakhlukkan Kekaisaran Bizantium dan kemudian memperluas penakhlukan hingga ke Bosnia. 

Mehmed diyakini dapat berbicara bahasa Persia, Arab, Yunani kuno dan Italia. Kemampuan ini dianggap banyak pihak sebagai tanda keinginannya membangun kekaisaran yang membentang dari Timur ke Barat. (Mr/wartaekonomi)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store