:
:
News
Ratusan Masjid di Kabupaten Sukabumi Perbarui Arah Kiblat

gomuslim.co.id - Ratusan masjid di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memperbarui arah kiblat, karena ternyata masih banyak yang kiblatnya tidak akurat. 

Pembaruan arah kiblat tersebut dilakukan langsung oleh Dewan Hisab dan Rukyat (DHR) Kabupaten Sukabumi.

Operator DHR Kabupaten Sukabumi, Zaenurridwan, mengatakan, sekitar 120 masjid di 5 desa yang ada di Kecamatan Cibadak memperbarui arah kiblat.

"DHR ngukur kiblat masjid di 5 desa yang di Kecamatan Cibadak, ada 120 masjid," ujar Zaenurridwan, Rabu (24/6/2020).

 

Baca juga:

Verifikasi Arah Kiblat Masjid oleh Tim Ahli Kemenag Gratis, Begini Prosedurnya

 

Ia menjelaskan, pengukuran ulang arah kiblat tersebut dilakukan karena masih banyak masjid yang arah kiblatnya tidak benar.

Di antaranya, masih terdapat masjid dengan arah kiblat yang melenceng sekitar 2 derajat. Bahkan masih ada yang melenceng hingga 21 derajat.

"Ini di ukur kembali karena banyak masjid arah kiblatnya tidak benar, deviasi bangunan ada yang melenceng 2 derajat, malah di salah satu masjid jami di desa Karangtengah ada yang melenceng sampai 21 derajat," terangnya.

Selain itu, lanjut dia, ada juga masjid yang meminta diakuratkan kembali arah kiblatnya.

"Ada yang ingin memastikan keakuratan arah kiblat, ada yang memang arah kiblatnya melenceng," jelasnya.

 

Baca juga:

Matahari di Atas Kakbah 27-28 Mei 2020, Saatnya Cek Arah Kiblat

 

Ia menyebutkan, alat yang digunakan untuk mengukur kembali arah kiblat itu di antaranya kompas, mizwala, busur derajat, serta alat lain yang dimiliki DHR untuk mengukur arah kiblat.

"Alat yang kami gunakan kompas, mizwala, busur derajat, theodolit, aplikasi mizwanroid, aplikasi MQF. Ini pengukuran dilakukan selama beberapa hari kedepan, mulai dari kemarin sampai tanggal 13 Juli mendatang," ujarnya. (Mr/tribun)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store