:
:
News
Sabah Mulai Izinkan Salat Jumat dan Wajib Jamaah di Masjid

gomuslim.co.id – Dewan Fatwa Sabah Malaysia telah sepakat untuk mengizinkan salat Jumat dan salat wajib berjamaah di masjid-masjid dan surau di seluruh negara bagian selama Kontrol Gerakan Pemulihan (RMCO) sejak hari ini, Jumat (/19/6/2020).

Dewan Mufti Sabah, Datuk Bungsu Aziz Jaafar mengatakan, izin untuk salat Jumat dan salat wajib jamaah tetap dilihat pada kapasitas aktual masjid atau surau. Pihaknya juga meninjau kemampuan anggota komite untuk mematuhi SOP dan memastikan para jamaah menjaga jarak satu meter.

Ia mengingatkan, orang-orang dengan gejala seperti demam, batuk, pilek, kesulitan bernafas dan sakit tenggorokan termasuk orang-orang dengan penyakit kronis, anak-anak di bawah 15 dan warga negara asing tidak diperbolehkan datang ke masjid atau surau selama waktu itu.

“Setiap anggota sidang harus memeriksakan suhu tubuhnya, memakai masker wajah, menggunakan pembersih tangan dan mencatat kehadiran dalam buku yang disediakan. Selain berlatih menjaga jarak sosial selama sholat, mereka juga diingatkan untuk menghindari jabat tangan,” ujar Mufti Aziz dalam sebuah pernyataannya seperti dilansir dari publikasi Bernama, Jumat (19/6/2020).

 

Baca juga:

Buka Pasca MCO, Umat Islam Malaysia Diminta Intensifkan Ibadah di Masjid

 

"Salat Jumat di masjid-masjid atau surausa juga diizinkan meskipun jumlah jamaah mungkin kurang dari 40 selama periode RMCO," tegasnya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan, serta upacara solemnisasi, juga akan diizinkan di masjid dan surau dengan tetap tunduk dan patuh terhadap pedoman Departemen Agama Islam Sabah.

Selain itu, penyembelihan hewan kurban selama Idul Adha, nantinya juga akan diizinkan di kompleks masjid atau surau dengan persetujuan sebelumnya dari otoritas agama negara, otoritas lokal dan Departemen Layanan Hewan. "Manajemen pemakaman juga diperbolehkan di masjid atau surau sesuai dengan pedoman pemerintah," pungkasnya. (mga/Bernama)

 

Baca juga:

Dewan Islam Serawak Malaysia Izinkan Masyarakat Salat Jamaah di Masjid

Responsive image
Other Article
Responsive image