:
:
News
Dapat Persetujuan Dewan Kota, Muslim Waukee AS Segera Bangun Masjid Pertama

gomuslim.co.id – Rencana pembangunan Masjid dan Pusat Islam Waukee di Dallas County, Iowa, Amerika Serikat (AS) akhirnya mendapat persetujuan dari Dewan Kota setempat. Jika terealisasi, Masjid tersebut nantinya akan menjadi pusat ibadah pertama yang berdiri sendiri bagi umat muslim di kota Waukee.

Gedung Pusat Islam Waukee yang baru di 35 Laurel St ini rencananya akan berlantai lima dengan luas 5,500 kaki persegi. Area tersebut berlokasi di dekat persimpangan West Hickman Road dan South Warrior Lane.

Area itu sebagian besar komersial, namun rencana lokasi masjid terletak di utara zona perumahan. Sedangkan pembangunan masjid tersebut dijadwalkan akan dimulai pada Agustus 2020 dan diharapkan rampung pada Mei 2021.

Dilansir di Des Moines Register, Kamis (18/6/2020), Kota Waukee sebelumnya memiliki ruang ibadah di Masjid Sahabah. Masjid itu telah beroperasi sejak 2013 dan ada di sebuah ruang kantor sewaan.

Hanya saja, Masjid Sahabah dianggap terlalu kecil. Karenanya, pembangunan masjid baru akan mengakomodasi meningkatnya jumlah Muslim di kota Waukee. Kota berpenduduk sekitar 25 ribu jiwa ini tumbuh hampir 75% antara 2010 dan 2019.

 

Baca juga:

Muslim Baltimore AS Bantu Keluarga yang Kelaparan Akibat Pandemi

 

“Fase berikutnya adalah membangun Masjid (Pusat Muslim) yang cukup besar untuk menampung semua Muslim di daerah itu. Alhamdulillah dewan kota telah menyetujui rencana pembangunan ini,” demikian bunyi pernyataan di laman penggalangan dana online. 

Terkait rencana pembangunan masjid, muslim Waukee mengumukan telah mengumpulkan lebih dari $ 16.000 pada hari Rabu (17/6/2020) pagi. Konstruksi dijadwalkan akan dimulai pada bulan Agustus dan selesai pada bulan Mei 2021.

Iowa sendiri merupakan rumah bagi salah satu masjid tertua di Amerika Serikat. Dikenal sebagai Masjid Ibu Amerika, Muslim Amerika awal, yang bermigrasi dari Greater Syria, membangun masjid Cedar Rapids pada tahun 1934.

Central Iowa juga merupakan rumah bagi beberapa pusat Islam lainnya. Ada lima masjid di Des Moines, satu di West Des Moines, satu di Granger, dan satu di Ames. (jms/aboutislam)

 

Baca juga:

Pasca Dua Bulan Tutup Akibat Pandemi, Masjid-Masjid AS Kembali Buka Secara Bertahap

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store