:
:
News
Afrika Selatan Tetap Tidak Akan Kirim Calon Jemaah Haji Tahun Ini

gomuslim.co.id – Walau Pemerintah Arab Saudi memutuskan penyelenggaraan Haji 2020, Dewan Haji dan Umrah Afrika Selatan kemarin mengumumkan negaranya tetap tidak akan mengirim jamaah haji ke Arab Saudi tahun ini.

Dilansir Albalad pada Jumat (12/6/2020), Dewan Haji dan Umrah Afrika Selatan menyebut keputusan itu diambil setelah berdiskusi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Kedutaan Besar Arab Saudi di Pretoria, serta Departemen Hubungan dan Kerjasama Internasional Afrika Selatan.

“Terkait perbatasan masih kami tutup, tidak adanya penerbangan internasional, dan masih berlangusngnya pandemi virus corona Covid-19, dengan sangat menyesal kami memberitahu semua calon jamaah haji Afrika selatan, kita tidak akan mengirim jamaah untuk pelaksanaan haji tahun ini,” ungkap perwakilan Dewan Haji Afrika Selatan.

 

Baca juga:

Resmi, Malaysia Tangguhkan Ibadah Haji 2020

 

Dewan Haji dan Umrah Afrika Selatan akan mengembalikan setoran dana haji tanpa dipotong.

Pembatalan pengirim jamaah haji oleh Afrika Selatan ini memperpanjang daftar negara tidak akan mengirim jamaahnya untuk berhaji tahun ini. Indonesia, Singapura, Kamboja, Thailand, Malaysia, dan Brunei Darussalam sudah mengambil kebijakan serupa.

Sedangkan India masih memberikan pilihan: jamaahnya boleh mengundurkan diri dan setoran dana haji dikembalikan seratus persen atau tetap menunggu sampai pemerintah Arab Saudi membuat keputusan soal jadi atau tidaknya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. (hmz/albalad)

 

Baca juga:

Saudi Pertimbangkan Pangkas Kuota Jemaah Haji 2020

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store