:
:
News
Resmi, Malaysia Tangguhkan Ibadah Haji 2020

gomuslim.co.id - Malaysia memutuskan untuk melarang warganya melakukan ibadah haji tahun ini karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona.

Setiap tahun, Malaysia mengirim puluhan ribu peziarah ke Arab Saudi, rumah dari dua situs paling suci umat Islam, Makkah dan Madinah.

Dilansir dari publikasi Aljazeera, Jumat (11/6/20), Malaysia tidak akan mengizinkan warganya melakukan perjalanan haji tahun ini karena risiko tertular COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona, dan kurangnya vaksin untuk mengobatinya, kata Menteri Agama Malaysia Zulkifli Mohamad Al-Bakri, setelah melihat langkah-langkah tetangga Indonesia, yang juga merupakan negara mayoritas Muslim.

 

Baca juga:

Resmi, Pemerintah RI Batalkan Pemberangkatan Jemaah Haji 2020

 

"Saya berharap para peziarah terus bersabar dan menerima keputusan itu," kata Zulkifli pada konferensi pers yang disiarkan di televisi nasional.

Arab Saudi telah menangguhkan ibadah haji dan umrah sampai pemberitahuan lebih lanjut dalam upaya untuk menekan penyebaran virus corona.

Untuk diketahu calon jemaah Malaysia dapat menunggu hingga 20 tahun untuk melakukan perjalanan karena sistem kuota yang diterapka Arab Saudi.

Dalam pernyataan terpisah, dewan Tabung Haji yang mengelola rencana tabungan untuk calon jamaah haji  mengatakan keputusan itu akan mempengaruhi sekitar 31.600 orang yang dipilih untuk melakukan perjalanan tahun ini.

 

Baca juga:

Batal Berangkatkan Calon Haji, Pemerintah India Kembalikan Uang Jemaah

 

Pekan lalu, Indonesia negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia mengumumkan tidak akan mengirim warganya untuk naik haji tahun ini.

Sekitar 2,5 juta peziarah dari seluruh dunia pergi ke Mekah dan Madinah untuk ibadah haji selama seminggu yang dijadwalkan akan dimulai pada akhir Juli tahun ini.

Hingga saat ini, Malaysia telah melaporkan 8.369 kasus virus corona dengan 118 kematian. (Mr/Aljazeera)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store