:
:
News
Saudi Pertimbangkan Pangkas Kuota Jemaah Haji 2020

gomuslim.co.id - Arab Saudi kemungkinan secara drastis membatasi jumlah haji tahun 2020 guna mencegah penyebaran lebih lanjut dari virus corona. Jumlah kasus positif corona di negara ini mencapai lebih dari 100 ribu.

Dilansir dari publikasi Reuters, Kamis (11/6/20), biasanya sekitar 2,5 juta jamaah mengunjungi dua situs paling suci Islam, Kakbah di Makah dan Masjid Nabawi di Madinah selama haji.

 

Baca juga:

Konsul Haji KJRI Jeddah: Larangan Umrah dan Ziarah Belum Dicabut

 

Haji adalah kewajiban sekali seumur hidup bagi setiap Muslim yang mampu melaksanakannya, yang diharapkan untuk mulai pada akhir Juli 2020.

Data resmi menunjukkan dari pelaksanaan Ziarah haji dan umrah menyumbang pendapatan ke kerajaan Arab Saudi sekitar $ 12 miliar setahun.

Perlu diingat bahwa pada bulan Maret 2020, Arab Saudi telah meminta umat Islam untuk menunda rencana haji dan menangguhkan Umrah sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Khaleej Times melaporkan, pihak berwenang kini mempertimbangkan untuk mengizinkan haji tahun ini. Peziarah yang lebih tua akan dilarang dan mereka yang diizinkan akan menjalani pemeriksaan kesehatan tambahan.

Prosedurnya akan ketat dan hanya 20 persen dari kuota jemaah reguler di masing-masing negara, yang mungkin diizinkan.

Sementara itu, beberapa pejabat di Arab Saudi masih mendorong pembatalan ibadah haji 2020. 

 

Baca juga:

Wapres RI Angkat Bicara Terkait Pembatalan Haji 2020

 

Menurut sumber lain, sejumlah pejabat tetap mendesak pembatalan haji yang diperkirakan akan dimulai pada akhir Juli 2020.

Kantor media pemerintah serta juru bicara kementerian haji dan umrah tak menanggapi permintaan komentar tentang hal itu. Dengan pembatasan atau pembatalan haji ini, keuangan Arab Saudi akan semakin tertekan, seiring anjloknya harga minyak selama pandemi virus corona.

Sejumlah analis memprediksi Negara Petrodollar itu akan mengalami kontraksi ekonomi parah tahun ini. (Mr/reuters)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store