:
:
News
Pasca Dua Bulan Tutup Akibat Pandemi, Masjid-Masjid AS Kembali Buka Secara Bertahap

gomuslim.co.id – Sejumlah masjid di Amerika Serikat kembali dibuka setelah dua bulan tutup karena pandemi corona. Pembukaan masjid memungkinkan umat Islam kembali salat berjamaah dengan panduan ketat.

Salah satu masjid yang buka adalah Muslim Center of Greater Princeton (MCGP) yang berlokasi di Princeton, NJ. Masjid yang dikenal karena komunitasnya yang kuat dan beragam ini membuka pintu pada Senin (8/6/2020) lalu.

Meski ancaman virus korona masih tetap ada, MCGP melonggarkan pembatasan secara bertahap setelah berminggu-minggu dikurung. MCGP membuka tempat ibadah kepada jamaah dan pengunjung.

Imam Masjid MCGP, Adeyinka Mendes mengatakan, MCGP selama ini aktif terlibat dalam program pemuda, mendidik dan memberdayakan perempuan Muslim. MCGP juga menjadi tempat yang aman bagi para mualaf.

"Kami perlahan membuka kembali dengan mematuhi pedoman negara dan CDC. Jamaah wajib mengenakan masker, mematuhi jarak sosial, dan membawa sajadah sendiri," ujarnya seperti dilansir dari publikasi About Islam, (11/6/2020).

“Saya selalu ingin kita berdoa di luar rumah secara teratur. Saya selalu ingin kita merayakan Ramadan tanpa nol. Juga memiliki begitu banyak pengalaman lain yang menghubungkan kita dengan Bumi dan mengurangi kerusakan yang kita lakukan padanya,” sambung dia.

 

Baca juga:

Muslim AS Bagikan Ribuan Makanan untuk Keluarga Terdampak COVID-19

 

Namun sayangnya, kata dia, harapan itu tidak terjadi sampai munculnya pandemi COVID-19. “Semoga Tuhan membuat kita tabah dan lurus di saat-saat yang mudah dan sulit melalui Nama-nama Indah-Nya,” ucap imam Mendes.

Selain mewajibkan penggunaan masker setiap saat, MCGP juga memerika suhu jamaah, mengimbau untuk jarak sosial 6 kaki, dan jamaah wajib datang ke masjid setelah mempunyai wudhu. MCGP juga tidak mengizinkan anak di bawah 16 tahun atau orang dewasa di atas 70 tahun ke masjid. Kemudian, tidak lebih dari 10 orang di dalam ruangan dan 25 di luar ruangan.

Sementara itu, Pusat Komunitas Muslim di Bloomfield Hills, MI mengingatkan pengurus masjid agar hati-hati saat membuka layanan salat Subuh dan Isya berjamaah. Masjid meminta peserta untuk tiba 20 menit sebelum Iqamah agar suhu mereka diperiksa.

Selain pedoman ini, peserta diharapkan mengenakan masker membawa sajadah sendiri, terpisah sejauh enam kaki. Mereka juga diminta berwudhu di rumah.

Setelah berbulan-bulan tetap tertutup, Asosiasi Islam Virginia Barat membuka kembali masjidnya untuk berdoa dan beribadah. Langkah ini dilakukan setelah memberlakukan beberapa pedoman untuk menjaga anggota tetap aman dan sehat. (jms/aboutislam)

 

Baca juga:

Imam Shamsi Ali: Tragedi 9/11 Momentum Kebangkitan Islam di Negeri Paman Sam

Responsive image
Other Article
Responsive image