:
:
News
Siap Terapkan New Normal, Masjid Istiqlal Berencana Buka Bulan Juli

gomuslim.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa Masjid Istiqlal rencananya akan kembali dibuka pada bulan Juli mendatang. Hal itu ia sampaikan usai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal sarana ibadah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (2/6/2020) pagi tadi.

Sebelumnya, setelah Kementerian Agama menerbitkan surat edaran terkait pembukaan kembali rumah ibadah dengan syarat tertentu, Masjid Istiqlal pun direncanakan juga akan kembali dibuka untuk masyarakat umum pada Juli nanti.

Kendati demikian, Presiden Jokowi menyebut rencana ini belum diputuskan hingga saat ini. Ia mengatakan, keputusan pembukaan Masjid Istiqlal nantinya akan dilakukan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

 

Baca juga:

Menuju New Normal, PBNU Terbitkan Protokol Ibadah di Masjid

 

“Apakah setelah selesai (renovasi) akan dibuka? Belum kita putuskan. Tetapi tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Prof Nasaruddin, bapak Imam Besar Masjid Istiqlal, bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka nanti pada bulan Juli. Tetapi keputusannya ada nanti di bapak Imam Besar Masjid Istiqlal,” ujar Jokowi kepada awak media.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi berpesan agar protokol-protokol kesehatan disiapkan dengan baik. Sehingga saat Masjid Istiqlal nanti kembali dibuka untuk masyarakat umum, seluruh jamaah yang hadir dapat melaksanakan ibadah dengan aman.

“Tentu saja mulai saat ini tadi saya titip untuk disiapkan protokol-protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan salat di Masjid Istiqlal ini semuanya aman dari COVID-19,” pungkasnya. (mga/Rep)

 

Baca juga:

Jelang New Normal, DMI Ajak Umat Muslim Persiapkan Diri Kembali ke Masjid

Responsive image
Other Article