:
:
News
Masjid Nabawi Buka untuk Umum Secara Bertahap Mulai Besok

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa Masjid Nabawi di Madinah akan dibuka untuk umum secara bertahap mulai hari Ahad, (31/5/2020) besok.

Masjid-masjid di seluruh Kerajaan, kecuali bagi orang-orang di Makkah, akan membuka pintu mereka bagi jamaah pada hari Ahad. Langkah ini merupakan bagian dari pelonggaran pembatasan jam malam atau lockdown untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Menteri Urusan Islam Saudi, Abdullatif bin Abdulaziz Al-Sheikh mengumumkan kesiapan masjid-masjid Kerajaan untuk menyambut jamaah setelah ia menyelesaikan kunjungan lapangan untuk memeriksa persiapan yang diperlukan.

"Sepanjang perjalanan inspeksi, kami menemukan masjid-masjid telah menyelesaikan persiapan dan berada dalam kondisi terbaik," kata Abdullatif bin Abdulaziz Al-Sheikh seperti dilansir dari publikasi Arab News, Sabtu (30/5/2020).

Untuk menyambut para jamaah, otoritas Saudi telah membersihkan seluruh masjid dengan cairan disinfektan serta melakukan kunjungan lapangan untuk memeriksa persiapan yang diperlukan.

 

Baca juga:

Arab Saudi Akan Buka Kembali Pintu Masjid Nabawi pada 31 Mei Mendatang

 

Sebanyak 90 ribu masjid telah dibersihkan dan siap menerima jamaah kembali. Disaat bersamaan, pihak Kerajaan Arab Saudi juga terus mengkampanyekan untuk tetap mematuhi prosedur selama masa pandemi.

Seperti, mengambil wudlu dari rumah, membawa sajadah sendiri, membaca Alquran dari handphone, menjaga jarak dua meter, dan setelah salat diminta untuk tidak berkerumun atau segera kembali ke rumah.

Sementara, dilansir dari publikasi Aljazeera, pelonggaran lockdown yang dilakukan pemerintah Arab Saudi akan dilakukan melalui tiga tahapan.

Tahapan pertama, pemerintah Arab Saudi mengizinkan kegiatan jual-beli, termasuk mal mulai 28-30 Mei selama 15 jam dari pukul 06.00 hingga pukul 15.00 waktu setempat.

Tahap kedua, pegawai kantoran baik pemerintah dan swasta diperbolehkan masuk pada 31-20 Juni pukul 06.00 sampai 20.00 malam waktu setempat. Tahap ini juga membolehkan masjid untuk menggelar salat berjemaah dan salat Jumat.

Selanjutnya tahapan terakhir, pada 21 Juni 2020, diharapkan semua aktivitas berjalan normal seperti biasa. Setiap masyarakat diimbau tetap memakai masker dan menjalankan hidup bersih.

Sementara itu, kasus positif virus Corona di Arab Saudi tercatat menginfeksi 74.795 orang. Dari angka tersebut 399 orang dilaporkan meninggal dunia. (jms/arabnews/Aljazeera)

 

Baca juga:

Segera Buka, Pemerintah Saudi Bersihkan 90.000 Masjid 

Responsive image
Other Article
Responsive image