:
:
News
Setelah Dua Bulan Tutup, Masjid Al-Aqsa Akhirnya Kembali Buka

gomuslim.co.id - Kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem akan resmi dibuka kembali, Ahad (31/5/2020) mendatang. Hal ini dilakukan setelah penutupan selama dua bulan akibat menyebarnya COVID-19.

"Semua pintu masjid Al-Aqsa (kompleks) akan dibuka saat fajar pada hari Minggu," kata Direktur Masjid Omar al-Kiswani, dilansir AFP, Kamis (28/5/2020).

Namun ketentuan bagi pengguna saat dibukanya kembali, belum selesai. Termasuk soal situs di dalam masjid, apakah akan dibuka sepenuhnya untuk jamaah atau masyarakat hanya akan diizinkan masuk ke halaman tempat berdoa.

 

Baca juga:

Dewan Wakaf Islam Yerusalem Tutup Masjid Al-Aqsa Selama Ramadhan

 

Kompleks itu, yang terletak di Yerusalem Timur yang dikuasai Israel. Kompleks ini ditutup sejak bulan Maret, sebagai bagian dari langkah-langkah untuk membatasi penyebaran virus corona baru.

Situs-situs keagamaan di Yerusalem mulai dibuka kembali dalam beberapa hari terakhir karena jumlah kasus baru yang dilaporkan menurun, tetapi kompleks masjid Al-Aqsa tetap ditutup selama festival Idul Fitri yang dimulai pada 24 Maret bagi sebagian besar umat Islam dan menandai berakhirnya bulan puasa Ramadan.

Pertengkaran sempat terjadi antara polisi Israel dan Palestina pada hari pertama Idul Fitri ketika para jamaah mencoba menerobos hambatan untuk memasuki kompleks. Situs ini sering menjadi titik nyala dalam konflik Israel-Palestina.

 

Baca juga:

Maksimalkan Pencegahan Corona, Otoritas Tutup Masjid Al-Aqsa dan Golden Dome

 

Ini adalah situs tersuci ketiga dalam Islam dan di mana umat Islam percaya bahwa Muhammad naik ke surga. Tempat itu juga suci bagi orang Yahudi, yang percaya itu adalah situs dari dua kuil kuno mereka - yang kedua dihancurkan pada 70 Masehi.

Secara total, Israel telah mencatat lebih dari 16.500 infeksi virus corona dan 281 kematian dari total populasi sembilan juta. Otoritas Palestina telah mengkonfirmasi kurang dari 500 kasus di Tepi Barat dan Gaza, yang memiliki populasi gabungan lebih dari 4,5 juta. (Mr/detik)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store