:
:
News
Arab Saudi Akan Buka Kembali Pintu Masjid Nabawi pada 31 Mei Mendatang

gomuslim.co.id – Kerajaan Arab Saudi rencananya akan membuka kembali Gerbang Masjid Nabawi di Madinah pada 8 Syawal 1441 Hijriah atau 31 Mei 2020 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Masjid al Nabawi dan Masjidil Haram sendiri sudah ditutup untuk umum akibat wabah pandemi COVID-19 sejak 2 bulan lalu.

Pemerintah Arab Saudi juga telah mengambil semua tindakan pencegahan untuk menghentikan penyebaran coronavirus di Kerajaan Arab Saudi, termasuk menangguhkan pelaksanaan ibadah haji dan umrah. 

Musim Umrah sendiri akan berakhir pada tanggal 15 Syawal 1441 atau 7 Juni 2020. Sedangkan berdasarkan informasi tentang Haji 2020, rencananya akan segera tersedia. Para peziarah pun akan dapat kembali masuk ke dua masjid suci setelah melalui sanitasi sepenuhnya.

Baca juga:

Jamaah Terbatas, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Tetap Gelar Salat Id

Sedangkan pada perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah yang berlangsung pada 24 Mei 2020 kemarin, Kerajaan Arab Saudi tetap melaksanaan salat Idul Fitri 1441 H di dua masjid suci, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi yang terletak di Madinah tersebut. Namun demikian, pelaksanaan salat Id terbatas untuk jemaah khusus dan mendapat pengawasan ketat dari pihak berwenang.

Pimpinan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Abdul Rahman Al-Sudais, mengatakan bahwa Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud telah menyetujui pelaksanaan salat Id di dua masjid suci. Adapun pembatasan jumlah jemaah dilakukan karena kedua masjid masih dalam status ditutup demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Syaikh Sudais menekankan bahwa keputusan ini menunjukkan perhatian Khadimul Haramain untuk tetap menghidupkan syiar agung agama Islam, di tengah pandemi yang melanda seluruh dunia.

"(Salat) Digelar di bawah kepatuhan penuh atas pencegahan dan tindakan kehati-hatian terkait kesehatan. Keputusan ini menunjukkan betapa tertariknya Penjaga Dua Masjid Suci untuk menghidupkan kembali ritual besar,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Saudi Press Agency (SPA), Ahad (24/5/2020) lalu.(mga/Islampos)

Baca juga:

Persiapkan New Normal, Ini 11 Langkah Yang Diterapkan Kerajaan Saudi

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store