:
:
News
Forum Umat Islam Bersama Gubernur Sulut Imbau Masyarakat Salat Id di Rumah

gomuslim.co.id - Forum Pimpinan Umat Islam Sulawesi Utara (Sulut) mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Imbauan tersebut merupakan hasil kesepakatan dalam rapat kordinasi antara Forum Pimpinan Umat Islam dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Selasa (19/5/2020) lalu. 

Rapat tersebut membahas mengenai persiapan umat Islam dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi COVID-19. Forum ini mengimbau kepada seluruh komponen umat Islam Sulawesi Utara bahwa tidak melaksanakan takbiran secara berkelompok (konvoi) tapi melaksanakan secara terbatas di masjid masing-masing serta di rumah masing-masing.

"Salat Idul Fitri adalah perkara sunnah (boleh dikerjakan dan boleh ditinggalkan). Karenanya dalam kondisi saat ini apabila ingin melaksanakan salat Idul Fitri maka diimbau untuk melaksanakannya di rumah masing-masing, baik secara berjamaah (bersama keluarga) ataupun secara munfarid (sendiri-sendiri)," demikian bunyi keputusan rapat koordinasi yang dikutip dari laman resmi Humas Pemprov Sulut, Kamis (21/5/2020).

 

Baca juga:

Masih Pandemi, Menag Kembali Ajak Umat Salat Id di Rumah

 

Para pimpinan ormas Islam juga mengimbau umat Islam untuk tidak melaksanakan takbiran secara berkelompok (konvoi), tapi melaksanakan secara terbatas di masjid masing-masing, serta di rumah masing-masing.

Setelah Ramadan, umat Islam juga diimbau agar tetap membatasi kegiatan mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, termasuk dalam kegiatan silaturahmi dan kegiatan halal bi halal.

"Seluruh kegiatan-kegiatan di atas jika dilaksanakan tetap memperhatikan protokol Covid-19 (menjaga kebersihan, jaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dengan air sabun)," demikian bunyi poin terakhir keputusan rapat.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi juga meminta masyarakat melaksanakan Salat Idulfitri 1441H di rumah masing-masing. la meminta masyarakat tak menunaikan salat Idul Fitri di masjid dan lapangan yang dapat mengumpulkan massa dan menciptakan kerumunan. Hal itu dikhawatirkan akan meningkatkan kemasifan penularan COVID-19.

 

Baca juga:

Menag Anjurkan Umat Silaturahmi Idul Fitri secara Virtual

 

Adapun dalam rapat yang digelar di kantor Gubernur itu juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, Kakanwil Kemenag Sulut Abdul Rasyid dan Forum Pimpinan Umat Islam yang terdiri atas Ketua Umum MUI Sulut K.H Abdul Wahab A. Gafur, Ketua PW Muhammadiyah Sulut Nasruddin Yusuf, Ketua PW NU Sulut H Ulyas Taha, dan Ketua Wilayah SI Sulut Macmud Turuis.

Selain itu, hadir pula Ketua PW Dewan Masjid Indonesia Sulut Wahyudy Karaeng, Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan, Ketua PHBI Sulut Syahrul Poli, PW Mathla’ul Anwar Awaluddin Pangkey, serta tokoh umat Islam yang juga Anggota DPRD Sulut Amir Liputo. (Mr/bisnis)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store