:
:
News
Cegah Penyebaran COVID-19, Masjid JIC Tidak Gelar Salat Idul Fitri

gomuslim.co.id - Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) yang terletak di Jalan Kramat Jaya, Koja, Jakarta Utara memutuskan untuk tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri 1441 H di tengah situasi pandemi COVID-19. Hal ini diputuskan berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 28 tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri Saat Pandemi COVID-19.

Kepala Sub Devisi Dakwah Badan Managemen JIC, Ma'arif Fuadi mengatakan, kebijakan tersebut diputuskan oleh Badan Manajemen Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) selaku pengelola Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC). Hal ini berdasarkan keputusan dari surat edaran Menteri Agama RI nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah wabah pandemi COVID-19.

“Tausiyah MUI Provinsi DKI Jakarta nomor T-005/DP-P/XI/V/2020 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H Ditengah Wabah COVID-19, dan mengikuti seruan bersama MUI dan DMI Provinsi DKI Jakarta,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima gomuslim, Kamis (21/5/2020).

Ia menjelaskan, dalam surat-surat tersebut ditekankan agar masyarakat yang tinggal di wilayah COVID-19 belum bisa dikendalikan agar melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing.

Katanya, Masjid Raya JIC yang memiliki luas mencapai 10 hektare ini yang biasanya mampu menampung jamaah salat Idul Fitri sebanyak 22 ribu orang. Jika tetap dilaksanakan, menurut dia, maka salat Idul Fitri sangat berpotensi menjadi tempat penularan COVID-19.

 

Baca juga:

Soal Rancangan Model Bilik Isolasi COVID-19, DMI Usulkan 2 Masjid di DKI Jakarta

 

"Karena daerah-daerah sekitar Masjid Raya JIC adalah daerah-daerah yang cukup tinggi positif COVID-19 dan sampai saat ini belum menunjukkan angka penurunan. Karena itu, kami memutuskan untuk tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri 1441 H dan mengimbau kepada para jamaah untuk melaksanakannya di rumah masing-masing," ucapnya. 

Sebagai pengelola Masjid Raya JIC, Kepala Sekretariat Badan Manajemen Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) Ahmad Juhandi menambahkan, pihaknya memang mengikuti keputusan pemerintah agar salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Semoga pendemi COVID-19 ini segera berlalu sehingga kita bisa hidup normal dan bisa beraktivitas seperti sedia kala," jelas Ma’arif. 

Kendati tidak melaksanakan salat Idul Fitri di masjd, umat Islam tetap diimbau untuk menunaikan zakat di ujung Ramadaan ini, baik zakat fitrah maupun maal bagi muslimin yang mampu. Masjid Raya JIC pun siap menerima dan menyalurkan zakat umat Islam. 

"Silakan datang ke JIC, di pintu masuk masjid ada counter yang dijaga oleh petugas. Setiap jiwa untuk zakat fitrah sebanyak Rp 40 ribu. Bagi yang ingin membayar zakat secara online bisa langsung transfer ke rek Bank DKI Syariah Capem Kelapa Gading Nomor Rekening 71521025285," jelas penanggung jawab penerimaan dan penyaluran zakat Masjid Raya JIC, Desmawati. (hmz/rls)

 

Baca juga:

Islamic Youthcare Indonesia Beri Wadah Penyaluran Bakat Pemuda Islam Melalui Ajang ICF 2019

Responsive image
Other Article
Responsive image