:
:
News
Qatar Wajibkan Warganya Pakai Masker, Pelanggar Terancam Hukuman Penjara

gomuslim.co.id – Qatar mewajibkan seluruh warganya untuk mengenakan masker ketika keluar rumah. Bahkan, negara tersebut menerapkan ancaman denda $ 55.000 hingga kurungan penjara bagi warga yang tidak mematuhi aturan memakai masker tersebut.

Dilansir dari publikasi Arab News, Jumat (15/5/2020), peraturan tersebut diterapkan sejak jumlah kasus baru daripada wabah pandemi COVID-19 di negara Qatar melonjak hingga 1.733 jiwa pada Kamis (14/5/2020) kemarin. Angka tersebut merupakan rekor baru bagi negara Teluk itu.

Kabinet pun mengamanatkan pemakaian masker saat meninggalkan rumah dengan alasan apa pun kecuali ketika sendirian saat mengendarai kendaraan.

Keputusan yang dibuat pada Rabu (13/5/2020) kemarin akan berlaku mulai Ahad (17/5/2020) mendatang sampai pemberitahuan lebih lanjut. Disampaikan, bagi masyarakat yang melanggar nantinya akan dikenakan hukuman hingga tiga tahun penjara atau dendan hingga hingga 200.000 riyal ($ 55.000).

 

Baca juga:

Qatar Kirim Bantuan Tunai Bagi 100 Ribu Keluarga Muslim di Gaza

 

Diketahui, Qatar yang memiliki populasi 2,75 juta orang telah melihat jumlah kasus virus corona novel yang relatif tinggi, dengan lebih dari 28.000 orang dinyatakan positif. Meski untuk tingkat kematian resminya tetap rendah, dengan hanya 14 kematian.

Sementara itu, bar, restoran, bioskop dan masjid telah ditutup untuk menekan penyebaran virus tersebut. Meski proyek-proyek konstruksi, termasuk stadion Piala Dunia 2022 terus berjalan dengan tetap menerapkan aturan baru untuk mendorong jarak sosial (social distancing). (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

Bantu Palestina Hadapi Pandemi, Saudi Kirim Peralatan Medis Senilai Rp 39 M

Responsive image
Other Article
Responsive image