:
:
News
Begini Kemegahan Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Taj Mahal Versi Indonesia

gomuslim.co.id - Masjid Agung An Nur merupakan sebuah masjid yang terletak di Pekanbaru, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968.

Masjid ini merupakan salah satu yang termegah di Indonesia. Dilihat dari sisi bangunannya, masjid banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India. Masjid Agung An Nur ini terlihat begitu mirip dengan Taj Mahal.

 

Baca juga:

Taj Mahal Jadi 7 Keajaiban Dunia Paling Populer di Medsos dalam Survei Social Engagement Index 2019

 

Bak keajaiban dunia, Masjid Agung An Nur sebelumnya tak pernah sepi disambangi baik oleh warga lokal maupun wisatawan. Terdiri dari tiga tingkat, terdapat fasilitas berupa tangga dan juga eskalator untuk para pengunjung yang hendak melaksanakan ibadah salat. Tak hanya eskalator, Masjid Agung An Nur ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari WiFi gratis hingga Islamic Centre.

Menjelang sore hari, biasanya banyak sekali wisatawan dan juga warga lokal yang menikmati senja di halaman Masjid Agung An Nur tersebut. Tak jarang, banyak orang mengabadikan foto dengan latar belakang Masjid Agung An Nur nan megah tersebut.

Bila diamati arsitektural masjid Agung An-Nur memang memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal. Arsitektur Masjid ini dirancang oleh Ir. Roseno dengan ukuran 50 X 50 m yang terletak dalam satu pekarangan yang luasnya 400 X 200 m. Kapasitas masjid dapat menampung sekitar 4.500 orang jamaah.

Masjid ini mempunyai tiga buah tangga, 1 buah tangga di bagian muka dan 2 buah tangga di bagian samping. Di bagian atas terdiri dari 13 buah pintu dan bagian bawah terdiri dari 4 buah pintu dan mempunyai kamar-kamar yang besar dan sebuah aula. Sedangkan tulisan kaligrafi yang terdapat dalam ruangan masjid ini ditulis oleh seorang kaligrafer bernama Azhari Nur dari Jakarta yang ditulis pada tahun 1970.

 

Baca juga:

Mirip Taj Mahal, Masjid Ini Wujud Mimpi 40 Tahun Sang Mualaf

 

Lantai bawah masjid merupakan sekretariat pengurus masjid, manajemen, remaja masjid serta ruang ruang kelas tempat pelaksanaan pendidikan Islam. Masjid Agung An-Nur Riau juga dilengkapi dengan eskalator penghubung antara lantai satu dan dua. Tak hanya iu Masjid Agung An Nur ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari WiFi gratis hingga islamic centre.

Masjid Agung An Nur juga dilengkapi oleh bermacam fasilitas seperti pendidikan mulai dari playgrup, TK, SD, SMP & SMA, perpustakaan yang lengkap dan fasiltas lain seperti aula dan ruang pertemuan, ruand kelas dan ruang ruang kantor. Selain itu, Masjid Agung An Nur memiliki Radio Penyiaran Komunitas bernama LPK An-Nur FM dengan frekuensi 107.7 MHz. (Mr/suara)

Responsive image
Other Article
Responsive image