:
:
News
Menteri Kesehatan Saudi: Skirining Massal Efektif Ungkap Penyebaran COVID-19

gomuslim.co.id – Menteri Kesehatan Saudi, Tawfiq Al-Rabiah menilai bahwa skrining massal yang dilakukan Kerajaan efektif untuk mengungkapkan penyebaran virus corona. Pasalnya, peningkatan kasus virus corona di Kerajaan disebabkan oleh banyaknya pengujian atau tes yang dilakukan terhadap masyarakat.

Menurutnya, tingkat kematian global akibat COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus baru, sepuluh kali lebih tinggi daripada Arab Saudi. "Tingkat kematian akibat coronavirus di Kerajaan rendah, yaitu 0,7%," ujar Al-Rabiah seperti dilansir dari publikasi Arab News, Rabu (6/5/2020).

Al-Rabiah mengungkapkan, sejak merebaknya wabah pandemi COVID-19, Kerajaan telah meningkatkan kapasitas rumah sakit untuk menangani pasien yang tertular virus tersebut.

“Sejak merebaknya pandemi, pemerintah telah mengalokasikan ribuan tempat tidur ICU dan respirator, di mana 96% masih tersedia. Untungnya, dengan Anda mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, kami tidak akan membutuhkannya," ungkapnya.

 

Baca juga:

Pantau Pergerakan Warga Saat Jam Malam, Saudi Luncurkan Aplikasi ‘Tawakkalna’ 

 

Menurutnya,  berkat skrining massal yang dilakukan kerajaan telah berhasil mengungkap kasus-kasus awal sebelum virus dapat menyebar dan memungkinkan untuk perawatan sebelum pasien menjadi lebih buruk. Untuk itu, ia mendesak masyarakat untuk tetap waspada meskipun apa yang telah dicapai sejauh ini.

Terlebih menurutnya, mereka yang berusia di atas 65 tahun atau mereka yang menderita penyakit kronis atau masalah pernapasan merupakan yang paling berisiko untuk tertular COVID-19.

"Kami masih berisiko (red:penyebaran COVID-19), maka dukungan dan kerja sama Anda dalam mengambil semua tindakan pencegahan sangat penting karena Anda adalah mitra kami dalam menghadapi pandemi ini,” imbaunya kepada masyarakat melalui tayangan video. (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

Obati COVID-19, Arab Saudi Uji Efektivitas Plasma Darah Pasien Sembuh

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store