:
:
News
Muslim Atlanta AS Bagikan Makanan Berbuka Puasa Lewat Layanan Iftar Drive-Thru

gomuslim.co.id – Muslim Atlanta, Amerika Serikat (AS) membagikan makanan berbuka pausa melalui Iftar Drive-Thru kepada umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi COVID-19. Bantuan makanan berbuka ini datang dari sebuah restoran bernama Spring Greens Cafe yang terletak di wilayah tenggara AS. 

Restoran ini dikelola dan dimiliki oleh keluarga muslim yang terdiri dari Jamilah Jihad, Muhammad Jihad, Waleed Nashid, dan Muhsin Rashid. Restoran ini  terhubung dengan Masjid Al-Islam Atlanta, salah satu masjid tertua di negara bagian selatan. 

Jamilah Jihad sendiri dikenal sebagai pelayan komunitas dan telah memimpin banyak inisiatif amal di seluruh kota. 

“Allah mengubah segalanya di restoran ketika COVID-19 menghantam. Imam masjid lokal kami, Imam Sulaiman Hamed, menawarkan ide kampanye pengumpulan dana untuk memberi makan berbuka puasa. Muncullah sebuah ide untuk menggelar drive-thru iftars,” ujar Jamila Jihad seperti dilansir dari publikasi About Islam, Selasa (5/5/2020).

 

Baca juga:

Promosi Kerukunan dan Perdamaian, Wanita Hindu di India Ini Ikut Puasa Ramadan

Ia mengungkapkan, sebagai langkah awal, pihaknya memberi paket makan untuk 500 Muslim dalam sehari. Mereka juga memulai kampanye Launch Good untuk mengumpulkan $ 50.000 agar dapat memberi makan lebih dari 500 ratus Muslim setiap harinya selama Ramadan.

“Allah benar-benar mengirim bantuan untuk upaya ini. Orang-orang datang untuk membantu memotong sayuran, merelakan waktu mereka untuk melayani, dan menyumbang hampir $ 20.000 untuk gerakan ini," ungkap Jamila.

Masyarakat yang berkendara dapat berkunjung ke tempat parkir restoran antara jam 6 sore sampai jam 8 malam untuk buka puasa. Selanjutnya, pengendara dapat memilih berbagai menu makan malam seperti ayam, ikan, domba, dan sayuran. Setiap mobil dapat meminta hingga tujuh paket makan untuk dibawa pulang ke keluarganya.

Selain paket makanan, muslim yang datang juga diberikan kurma, air, dan peralatan lainnya untuk memudahkan berbuka puasa. 

Iftar Drive-Thru juga telah memberi makan antara 450-590 orang setiap hari selama jam malam. Mobil-mobil biasanya berbaris di tempat parkir masjid dan sukarelawan melayani dan tetap menjaga jarak sosial.

Salah satu penerima Iftar Drive-Thru, Amina Hassan mengungkapkan rasa syukurnya ketika menerima makanan tersebut. “Saya menemukan layanan buka drive-thru yang sangat terorganisir dan disatukan dengan baik. Saya tinggal menarik, meminta, dan menerima paket makanan panas untuk keluarga saya. Itu membantu saya dari keharusan memasak setiap malam,” kata Amina Hassan.

Pelaksanaan Ramadan tahun ini memang berbeda dari sebelumnya akibat pandemi COVID-19. Wabah COVID-19 telah menimbulkan banyak keraguan, kecemasan, dan kekhawatiran, termasuk di kalangan muslim.

Namun, kelompok Iftar komunal yang merupakan bagian besar dari budaya Muslim Amerika sangat membantu mengimbangi kelaparan di antara keluarga yang membutuhkan, terlebih pada bulan suci Ramadan kali ini. (mga/AboutIslam)

 

Baca juga:

Petani Asal India Ini Sumbangkan Seluruh Tabungan Hajinya untuk Warga Terdampak Lockdown

Responsive image
Other Article
Responsive image