:
:
News
FoSSEI Harap Wacana Kurikulum Ekonomi Islam Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Segera Terwujud

gomuslim.co.id -  Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI), organisasi mahasiswa ekonomi Islam yang identik dengan nilai Dakwah, Ukhuwah, dan Ilmiah turut menyambut Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal dua Mei.

Dengan cara yang berbeda, FoSSEI menyambut momen spesial ini dengan menyampaikan surat terbuka kepada Bapak Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan Indonesia terkait inisiasi FoSSEI berupa  'Wacana Kurikulum Ekonomi Islam Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah' untuk segera diwujudkan oleh Kemendikbud.

Kajian tersebut dirancang FoSSEI, mengingat ambisi mulia Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia di masa mendatang. Ambisinya menjadi yang pertama di dunia perihal ekonomi dan keuangan Islam, diperkuat dengan posisi Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Tidak cukup bagi Indonesia jika mengandalkan posisi strategisnya saja. Abdul Muhyil Hikam Ladiku, Presidium Nasional FoSSEI mengungkapkan, "Langkah strategis Indonesia selanjutnya, yaitu menanamkan pemahaman ekonomi Islam sejak pendidikan sekolah dasar hingga menengah, berupa kurikulum ekonomi Islam yang diterapkan Kemendikbud."

Diterapkannya kurikulum ekonomi Islam di Indonesia, tentunya bertujuan. Semakin berkualitasnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi dan keuangan Islam, maka semakin 'melek'nya generasi bangsa perihal tujuan ekonomi Islam, yaitu tercapainya kesejahteraan bangsa secara falah dan semakin melahirkan generasi ekonom Rabbani yang siap membangun negeri dengan akhlak, akidah dan syariah.

"Harapannya, kajian kurikulum ekonomi Islam mendapat respon dari pihak Kemendikbud untuk menindaklanjuti kajian tersebut. Sehingga, kita bisa bersama-sama mengantarkan Indonesia sebagai penggerak ekonomi dan keuangan syariah di dunia.” pungkas Boma Bromodipati selaku Presidium Nasional FoSSEI. (rls)

 

Baca Juga: Presidium Nasional FoSSEI Terpilih Jadi Outstanding Youth For The World 

Responsive image
Other Article
Responsive image