:
:
News
Dua Kota di Kanada Ini Izinkan Masjid Kumandangkan Azan Selama Ramadan

gomuslim.co.id – Bulan suci Ramadan menjadi momen bagi umat Islam di seluruh dunia untuk menghabiskan waktu dengan ibadah, refleksi diri dan berpuasa selama sebulan penuh. Namun, pandemi COVID-19 membuat Ramadan tahun ini lebih sulit bagi umat Islam karena jarak sosial dan penutupan masjid.

Sebagai bentuk penghormatan dan solidaritas terhadap komunitas Muslim, banyak kota di Kanada telah mengizinkan masjid untuk mengumandangkan azan melalui pengeras suara. Salah satunya seperti masjid-masjid di seluruh Ottawa, Kanada.

Muslim boleh mengumandangkan azan lima menit setiap matahari terbenam atau Magrib. Izin kumandang azan berlaku sampai 23 Mei 2020.

Kota Ottawa, Ibu Kota Kanada, sejatinya mengadopsi hukum yang melarang kebisingan. Namun, otoritas kota tersebut memberikan pengecualian bagi seluruh masjid untuk menyiarkan azan Magrib dengan pengeras suara selama bulan suci.

Meski izin menyiarkan azan diberikan, namun otoritas kota masih memberlakukan larangan pengumpulan massa lebih dari lima orang, termasuk di tempat ibadah. Larangan ini sebagai bagian dari pencegahan penyebaran COVID-19.

 

Baca juga:

Alhamdulillah, Kumandang Azan di Minneapolis AS Bakal Menggema Selama Ramadan 

 

“Saya berharap ini akan membantu teman-teman muslim kami dalam menjalankan pengabdian dan refleksi spiritual bulan suci ini. Ramadan Mubarak!,” ujar Wali Kota Ottawa, Jim Watson seperti dilansir dari publikasi CTVNews, Sabtu (2/5/2020).

Selain di Ottawa, Nova Scotia juga mengambil keputusan serupa. Otoritas kota mengizinkan umat Islam untuk menyiarkan azan saat matahari terbenam selama bulan Ramadan.

"Ini adalah bentuk persatuan dan solidaritas bahwa HRM akan mengatasi masalah ini dan masa-masa sulit bersama," demikian pernyataan dari Masjid Ummah dan Pusat Komunitas Muslim.

Seminggu lalu, Masjid Dar Al Hijrah di Minneapolis mengumandangkan azan untuk umum pertama kalinya. Negara mengizinkan azan disiarkan lima kali sehari selama bulan Ramadan untuk memberikan rasa normal pada kaum minoritas Muslim di kota itu. (jms/ctv/aboutislam)

 

Baca juga:

Masjid Houston di Texas AS Siapkan Program Ramadhan di Tengah Pandemi COVID-19

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image