:
:
News
Tutup Usia, Begini Perjalanan Karir Aktor Muslim India Irrfan Khan

gomuslim.co.id - Aktor Bollywood Irrfan Khan meninggal dunia di usia 53 tahun pada Rabu (29/4/2020) karena mengidap tumor neuroendokrin.

Pada tahun 2018, aktor muslim India itu mengungkapkan ia memiliki tumor neuroendokrin, kanker langka. Dia kemudian menjalani perawatan di rumah sakit London untuk penyakit tersebut, yang memengaruhi sel-sel yang melepaskan hormon ke dalam aliran darah.

Dua bulan setelah Khan mengumumkan diagnosisnya, dia menulis surat terbuka tentang pengalamannya dengan pengobatan kanker, yang merefleksikan “intensitas” rasa sakitnya dan “ketidakpastian” kehidupan.

 

Baca juga:

Aktor Marvel Muslim, Riz Ahmed Ajak Umat ‘Stay at Home’ Selama Ramadan

 

Khan telah dirawat di rumah sakit Mumbai sejak Selasa dengan infeksi usus. Dia juga dikenal secara internasional karena perannya dalam film-film hit Slumdog Millionaire dan Jurassic World.

Semasa hidupnya, Khan tak hanya sukses berkiprah di industri film Bollywood, tapi juga berhasil melenggang ke Hollywood.

Khan terlahir di Jaipur pada 1967. Ia merupakan putra seorang penjual ban dan pergi ke sekolah drama setelah gagal sebagai pemain kriket.

Khan kemudian berkarier di bidang akting sejak tahun '80-an dan telah terlibat setidaknya 50 judul film India. Dari puluhan judul film itu, ragam penghargaan pun berhasil ia kantongi.

Dia memulai debut berakting lewat film Salaam Bombay! (1988), yang menjadi nominasi Oscar. Setelah membintangi ragam karakter, dia kemudian menjadi ikon pemeran antagonis dalam film seperti Haasil (2003) dan Maqbool (2004), dan kemudian memenangkan penghargaan di ajang Filmfare Award sebagai Best Villain.

Peran terobosan Khan lainnya datang saat terlibat dalam proyek debut sutradara Inggris Asif Kapadia, The Warrior (2002). Film yang berlatar di India itu dipilih untuk tayang di festival film bergengsi San Sebastian dan memenangkan penghargaan BAFTA untuk film Inggris Terbaik.

Setelah lebih dari 14 tahun mengawali karier sebagai aktor, Khan baru mendapatkan peran utamanya di layar lebar India lewat film Rog pada 2005.

Titik balik Khan sebagai aktor Bollywood pun ia raih setelah membintangi Life in a... Metro (2007) dan memenangkan Best Supporting Actor di ajang Filmfare Award.

Dia meraih popularitas besarnya di India kala membintangi sebagai Paan Singh Tomar dalam drama olahraga biografi terkenal Paan Singh Tomar (2011), yang membuahkan penghargaan National Film Award dan Filmfare Critics Awards sebagai Aktor Terbaik.

Langkah besar Irrfan Khan lainnya didapat setelah membuat penampilan dalam film peraih nominasi BAFTA Award, The Lunchbox (2013). Dia mendapatkan pengakuan universal oleh para kritikus dan penonton.

Khan kemudian melanjutkan kariernya dalam film yang sukses secara komersial, seperti Haider (2014), Gunday (2014), Piku (2015) dan Talvar (2015).

Capaian tertinggi Khan sebagai aktor diperoleh saat berperan dalam drama komedi Hindi Medium (2017), yang memenangkan pujian kritikus dan menjadi hit di India juga China.

Film itu juga masuk di jajaran film India terlaris sepanjang masa dan mendapatkan pujian atas penampilannya, memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Filmfare Award untuk Aktor Terbaik.

Di sisi lain, Khan juga mempertahankan karier di Hollywood dengan berperan sebagai kepala polisi di A Mighty Heart karya Michael Winterbottom, juga sebagai polisi dalam Slumdog Millionaire yang sukses dan sensasional. Slumdog Millionaire sendiri berhasil memenangkan delapan piala Oscar.

 

Baca juga:

Aktor Muslim India Ini Bantu 25 Ribu Pekerja Buruh Terdampak Lockdown

 

Peran Khan lainnya terlihat film-film Hollywood blockbuster adalah bermain sebagai dokter di The Amazing Spider-Man pada 2012 dan pengusaha di Jurassic World (2015), serta Inferno (2016).

Pada 2012, ia juga memainkan versi dewasa karakter utama dalam pemenang Oscar lainnya, Life of Pi yang disutradarai oleh Ang Lee.

Mengutip Guardian, pada Maret 2018 Khan mengaku telah didiagnosis dengan tumor neuroendokrin. Namun setelah perawatan intensif, ia kemudian mengaku cukup pulih hingga dapat ikut syuting Angrezi Medium. Film yang kemudian jadi karya terakhir Irrfan Khan itu seharusnya dirilis pada Maret ini tapi ditunda karena pandemi virus corona. (Mr/cnn)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store