:
:
News
Alhamdulillah, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka untuk Jemaah

gomuslim.co.id – Ada kabar gembira bagi umat muslim di seluruh dunia. Ketua Umum Pengurus dan Imam Besar Masjid Suci, Syeikh Abdul Rahman Al-Sudais mengumumkan bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan segera dibuka kembali untuk jemaah secara normal. 

Kabar tersebut disampaikan dalam akun Twitter @Haramain.info baru-baru ini. "Saya membawa kabar gembira untuk seluruh Muslim bahwa situasi di dua Masjid Suci akan kembali normal," kata Syeikh Sudais, Rabu (29/4/2020).

Al-Sudais mengatakan bahwa Masjidil akan kembali dibuka untuk tawaf dan salat wajib. Sementara Masjid Nabawi juga segera dibuka untuk salat dan ziarah ke makan rasul. Ia tidak tidak menyebutkan kapan dua Masjid Suci akan kembali dibuka.

Namun, pembukaan kembali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tidak dilakukan dengan tergesa-gesa. Sheikh Sudais meminta kepada kaum muslimin berdoa untuk kebaikan dua Masjid ini. namun Sudais mengatakan mereka tidak ingin terburu-buru. 

"Kami tidak ingin terburu-buru dalam membuka dua masjid suci ini karena semua langkah yang diambil adalah untuk kesejahteraan kita," kata Syeikh Al-Sudais.

Pemerintah Arab Saudi telah menutup Masjidil Haram untuk umrah sejak Februari lalu demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Pada bulan Ramadan ini, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga ditutup untuk salat fardhu dan Tarawih. Ibadah hanya diikuti oleh para staf.

Saat ini kegiatan salat tarawih di Masjidil Haram tetap dilakukan namun tidak terbuka untuk masyarakat umum. Salat pun dilakukan dengan berjarak satu sama lain demi mencegah penyebaran COVID-19.

 

Baca juga:

Sterilkan Kakbah dari Virus Corona, Arab Saudi Gunakan 'Teknologi Ozon'

 

Mereka yang diizinkan salat di Masjidil Haram harus mematuhi jarak sosial sambil diawasi oleh anggota kepolisian di negara itu. Di tahun-tahun lalu, masjidil haram selalu ramai selama bulan Ramadan namun situasi berubah sejak pembatasan karena virus Corona pada 5 Maret 2020.

"Kami menyerukan semua Muslim untuk terus berdoa agar pandemi berakhir, doakan pemimpin kita, apa yang mereka lakukan adalah demi kebaikan kita juga. Semoga Allah melindungi mereka," kata Syeikh Sudais.

Sebelumnya, Syeikh Sudais meresmikan pemasangan kamera pemantau suhu badan di setiap pintu masuk Masjidil Haram Makkah, Selasa (28/4/20). Dengan bantuan alat tersebut, dapat membedakan setiap orang dalam memantau suhu badan yang melebihi derajat yang diizinkan untuk memasuki Masjidil Haram.

Syeikh Sudais berharap dengan teknologi modern ini dapat berkontribusi kepada keselamatan dan keamanan para pengunjung Masjidil Haram dalam upaya membatasi penyebaran pandemi virus corona.

“Adalah perlu untuk memanfaatkan teknologi modern dan terus mengikuti segala sesuatu yang berkontribusi untuk memperkuat langkah-langkah pencegahan dalam menghadapi pandemi global ini,” katanya.

Dia menekankan bahwa semua tindakan dan langkah harus diambil untuk menjaga keselamatan jemaah yang memasuki Baitullah Al-Haram. Kamera ini dipasang di pintu masuk Raja Fahd, Ismail dan Safa, yang aktif sepanjang waktu. (jms/haramaininfo)

 

Baca juga:

Profesor Studi Islam Ini Sarankan Saudi Tunda Haji 2020

Responsive image
Other Article
Responsive image