:
:
News
Ini Wanita Pertama Arab Saudi yang Jadi Pembalap Formula 1

gomuslim.co.id - Aseel Al-Hamad menjadi wanita pertama Arab Saudi yang menjadi pebalap Formula 1 (F1) mewakili negaranya. Al-Hamad juga menjadi simbol kesetaraan gender di negara Timur Tengah tersebut.

Dilansir dari publikasi SCMP, Rabu (29/4/2020), Al-Hamad termasuk wanita berpengaruh di negaranya dan sangat sedikit yang bisa mendobrak sejarah terutama di dunia balap di Arab Saudi.

 

Baca juga:

Dua Pembalap Muslimah Kakak Beradik Ini Menangkan Ajang Balap Formula 4 UEA

 

Dia merupakan salah satu sarjana desain interior permesinan lulusan Universitas Pangeran Sultan di Riyadh. Dia mengambil gelar MBA di Universitas Alfaisal.

Pada 2009, Al-Hamad mendirikan perusahaan mesin dan desain, IDegree Design. Perusahaan ini telah mengerjakan 40 proyek besar termasuk desain perumahan dan komersial di Arab Saudi dan sejumlah kawasan Timur Tengah.

Al-Hamad juga tercatat sebagai salah satu Konsul Permesinan Arab Saudi. Terlahir sebagai keluarga kaya raya, Al-Hamadi merupakan salah satu penggila mobil balap. Dia menjadi segelintir perempuan yang membeli mobil Ferrari dari luar negeri.

Di negara itu, kaum wanita nyaris tidak mungkin mendapatkan privilese memiliki mobil-mobil mewah termasuk mobil balap. Sebagai pebalap F1, Al-Hamadi juga ikut mempromosikan Arab Saudi menjadi salah satu destinasi seri ajang balapan jet darat tersebut.

 

Baca juga:

Pertama dari Saudi, Muslimah Ini Jadi Direktur Organisasi Pariwisata Dunia PBB

 

Federasi Automobile Internasional (FIA) kemudian memilihnya untuk menjadi perwakilan Arab Saudi di Komisi Motor Wanita karena tertarik dengan kemampuannya. Pada 2017, Al-Hamad membuat sejarah menjadi wanita pertama anggota Federasi Motor Arab Saudi (SAMF).

Ketika Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman Al-Saud mencabut larangan mengemudi bagi kaum wanita pada 24 Juni 2018, Al-Hamad menjadi pusat perhatian di negara itu. Dia melakukan lap of honour bersama tim Renault E20 F1 sebelum gelaran F1 Prancis 2018.

Juara dunia F1 Inggris Lewis Hamilton telah memuji Al-Hamad atas karyanya sebagai perwakilan besar dari olahraga motor di Arab Saudi. (Mr/cnn/scmp)

Responsive image
Other Article
Responsive image