:
:
News
Selama Ramadan, Kemendag Dorong Masyarakat Lakukan Belanja Secara Online

gomuslim.co.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta masyarakat untuk melakukan belanja secara online saat Ramadan 1441 Hijriah. Hal itu guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mengatakan, dalam kondisi sulit melawan pandemi COVID-19 saat ini, pemerintah berharap masyarakat memilih sarana daring untuk berbelanj. Sehingga peraturan pemerintah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan beberapa wilayah di Indonesia dapat terimplementasikan dengan baik.

“Ini salah satu cara pemutus mata rantai virus Corona, karena harus dihindari adanya penumpukan masa yang bertransaksi di pasar,” ujar Agus Suparmanto di Jakarta, Ahad (26/4/2020) .

Untuk itu, ia menjelaskan, bagaimana pemahaman cara berbelanja daring pada masa sulit pandemi Corona ini menjadi dasar diadakannya Talkshow Series Kartini oleh Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan secara daring.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Veri Anggrijono menyatakan program ‘Cerdas Berbelanja Online di Situasi Pandemi COVID-19’ dapat mempercepat penyebarluasan informasi perlindungan konsumen kepada masyarakat luas, khususnya yang terkait dengan belanja online.

Menurutnya, saat ini pemerintah berupaya keras untuk menguatkan perlindungan terhadap masyarakat sambil terus bekerja keras memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.

 

Baca juga:

Jelang Ramadhan, Pemerintah Soroti Persediaan Pangan di Tengah Wabah COVID-19

 

Untuk itu, selain membangun protokol-protokol di pasar tradisional dan ritel modern, upaya lainnya adalah dengan mewajibkan masyarakat untuk tetap di rumah dan melakukan aktivitas dari rumah termasuk berbelanja.

“Semoga ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan konsumen selama melakukan belanja daring serta mampu menyikapi permasalahan perlindungan konsumen saat berbelanja daring. Belanja daring, memberikan keuntungan positif bagi konsumen dalam menghemat waktu, tenaga, serta dapat lebih fokus untuk membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan,” ujar Veri.

Untuk diketahui, talkshow dalam rangka memperingati hari Kartini, Ahad 26 April 2020 dengan mengusung tema ‘Cerdas Berbelanja Online di Situasi Pandemi COVID-19’, yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Veri Anggrijono dan Kegiatan talkshow melalui aplikasi Zoom diikuti sebanyak 160 peserta dari berbagai kalangan.

Dipandu pemerhati konsumen nasional yang juga sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Srie Agustina, acara ini dihadiri juga srikandi-srikandi Indonesia yaitu Ema Mukaromah Anggota DPR RI, Rini Dwiyanti, Deputi Kemenpan RB, Atalia Praratya, Ketua PKK Provinsi Jabar, Reni Adriani serta beberapa pembicara inspirator bangsa lainnya.

Veri menjelaskan, Talkshow Series Kartini ini ini merupakan wadah untuk membangun kepercayaan konsumen saat berbelanja daring di masa sulit melawan COVID-19 serta mengajak masyarakat agar memahami arti perlindungan konsumen di Indonesia.

“Marilah kita menjadi konsumen Indonesia yang berdaya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Indonesia maju,” pungkasnya. (hmz/rls/foto:elshinta)

 

Baca juga:

Jelang Ramadhan 2020, Kemendag Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Aman 

Responsive image
Other Article
Responsive image