:
:
News
Satgas COVID-19 MUI Angkat Bicara Soal Fidyah Gantikan Puasa Saat Pandemi

gomuslim.co.id – Ramainya cuitan nitizen yang bertanya terkait tidak melakukan puasa Ramadan dalam keadaan sehat akan tetapi berada di tengah Pandemi COVID-19, membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat suara.

Sekretaris Satgas COVID-19 Majelis Ulama Indonesia, KH M Cholil Nafis, mengatakan puasa di saat terjadi wabah COVID-19 saat ini tidak bisa diganti dengan membayar fidyah, kecuali terhadap orang-orang yang sudah ditentukan sesuai syariah.

"Jadi tak bisa karena pendemi COVID-19 lalu puasa Ramadan diganti dengan bayar fidyah," kata Cholil dalam keterangan tertulis yang diterima gomuslim, Kamis (23/4/2020).

Katanya, fidyah sendiri mengacu pada istilah dalam agama Islam sebagai kegiatan mengganti kewajiban puasa dengan memberi makan orang miskin. Fidyah merupakan tebusan bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Atas hal itu, Cholil mengatakan kewajiban fidyah diberlakukan kepada seorang Muslim karena tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan dan tidak mungkin mengganti puasa yang ditinggalkan di waktu lain satu tahun ke depan.

 

Baca juga:

Gugus Tugas COVID-19 Kemenag Mulai Distribusikan Bantuan Paket Sembako

 

Sedangkan di masa pandemi COVID-19, kata dia, tak ada halangan untuk melaksanakan ibadah bagi yang mampu. Membayar fidyah hanya diberlakukan kepada wanita hamil dan orang menyusui yang karena puasa justru membahayakan dirinya dan atau anaknya.

Fidyah, kata dia, juga dibolehkan bagi rang tua yang tak mampu berpuasa karena berusia lanjut. Kemudian orang sakit yang tidak ada harapan sembuh yang tak bisa berpuasa dan orang yang berhutang puasa wajib tapi tidak menggantinya sampai melewati bulan Ramadan berikutnya.

"Ayo tetap puasa karena puasa itu menyehatkan," kata Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia itu.

Dia mengatakan, MUI belum pernah menerima pertanyaan atau permintaan fatwa secara resmi dari manapun untuk menetapkan hukum fidyah menggantikan kewajiban puasa Ramadan karena mewabahnya COVID-19. (hmz/rls)

 

Baca juga:

Begini Cara Daftar Akademi Madrasah Digital 2020 Kemenag

Responsive image
Other Article
Responsive image