:
:
News
Ikuti Kalender Ummul Qura, Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadan Pada 24 April 2020

gomuslim.co.id - Arab Saudi dan negara-negara serta komunitas Muslim yang mengikuti kalender Ummul Qura akan memulai awal Ramadan 1441 Hijriah pada Jumat, 24 April 2020. Kalender Ummul Qura merupakan kalender lunar berdasarkan pengamatan dari kota suci Makkah.

Dilansir dari publikasi Marocco World News, Senin (20/4/2020), kalender Ummul al-Qura adalah kalender resmi Arab Saudi. Ini adalah kalender lunar berdasarkan pengamatan dari kota suci Makkah, dijuluki Ummul al-Qura, atau "ibu desa" dalam bahasa Arab.

Beberapa negara tetangga di semenanjung Arab mengikuti kalender Ummul Qura, serta komunitas Muslim di negara-negara non-Islam, seperti Masyarakat Islam Amerika Utara, Dewan Fiqh Amerika Utara, dan Dewan Eropa untuk Fatwa dan Penelitian.

 

Baca juga:

Arab Saudi Tetapkan Salat Tarawih dan Idul Fitri Tahun Ini Dilakukan di Rumah

 

Kalender tersebut sering dikritik oleh organisasi dan komunitas Muslim lainnya, termasuk Maroko, yang mendasarkan kalender mereka pada penampakan bulan sabit bulan yang sebenarnya.

Maroko diperkirakan akan merayakan awal pertama Ramadhan pada Sabtu, 25 April, menurut astronom Maroko Abdelaziz Kharbouch Al Ifrani. Namun kepastian awal Ramadhan akan menunggu keputusan sidang Rukyatul Hilal Saudi dan negeri-negeri Muslim. 

Sebelumnya, Majelis Ulama Senior Arab Saudi mengimbau umat Islam di banyak negara untuk tidak menyelenggarakan salat berjamaah dan melakukan aneka ibadah bersama di masjid atau kegiatan luar rumah selama Ramadan nanti. Imbauan itu berlaku bagi umat Islam di negara yang memerintahkan jaga jarak untuk mengendalikan penularan COVID-19.

”Umat Islam harus mematuhi keputusan otoritas yang berwenang di negara masing-masing atau di negara tempat mereka tinggal, yang dimaksudkan untuk menjaga kesehatan masyarakat dan membatasi persebaran pandemi virus corona,” demikian fatwa Majelis Ulama Senior Arab Saudi. (hmz/mwn)

 

Baca juga:

Jelang Ramadhan, Turki Pulangkan 25.000 Ekspatriat Saat Pandemi COVID-19 Merebak

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store