:
:
News
Ini Nasihat Dewan Ulama Senior Saudi Hadapi Bulan Ramadan Saat Pandemi

gomuslim.co.id - Sekretariat Jenderal Kibar Ulama (Dewan Ulama Senior) Kerajaan Arab Saudi meminta kaum muslimin untuk mempersiapkan bulan Ramadhan al-Mubarak, sambil tetap melakukan tindakan pencegahan infeksi corona ketika beribadah.

Dalam pernyataan yang dirilis Ahad (19/4/2020), Haiyah Kibar Ulama memberikan nasihat kepada umat Islam bagaimana menyikapi bulan suci Ramadhan tahun ini.

 

Baca juga:

Arab Saudi Tetapkan Salat Tarawih dan Idul Fitri Tahun Ini Dilakukan di Rumah

 

Pertama, kaum muslimin harus menjadi contoh, suri tauladan dalam melakukan ibadah yang tetap mematuhi prosedur yang diatur oleh pihak yang berwenang, terkait dengan pandemi corona saat ini.

Kedua, Haiyah menegaskan bahwa syariat Islam mengatur ibadah dengan berbagai cara yang tidak menjerumuskan umatnya dalam bahaya bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Sebagaimana juga, syariat menekankan untuk menjaga jiwa dan melakukan kepentingan yang prioritas dan mendesak, terutama di saat pandemi.

Ketiga, merekomendasikan untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan untuk menjaga kesehatan masyarakat agar membatasi penyebaran virus corona. Di antaranya, melaksanakan salat wajib dan tarawih di rumah, jika pemerintah yang berkuasa di tempatnya menetapkan hal tersebut.

 

Baca juga:

Hasil Pemeriksaan di Makkah dan Madinah, Saudi Catat 762 Kasus Baru COVID-19

 

Dan keempat, menghindari perkumpulan, karena interaksi kerumunan massa merupakan penyebab utama penyebaran infeksi. Termasuk juga buka puasa dan sahur bersama.

"Untuk itu kepada para dermawan yang mengeluarkan sedekah dan zakat, agar memperhatikan cara bersedekah yang tidak melanggar langkah pencegahan tersebarnya virus," tutupnya. (Mr/saudinesia)

Responsive image
Other Article
Responsive image