:
:
News
Pandemi Corona, Semua Siswa di Arab Saudi Otomatis Naik Kelas

gomuslim.co.id - Kementerian Pendidikan Arab Saudi mengumumkan kenaikan kelas bagi seluruh siswa baik laki-laki dan perempuan, mulai dari tingkat TK, SD, menengah, dan menengah atas. Pengumuman ini disampaikan Menteri Pendidikan Arab Saudi, Dr. Hamad bin Muhammad Al Al Sheikh, Kamis (16/4/2020) lalu.

“Siswa akan dievaluasi selama semester kedua. Jika memperoleh hasil yang lebih tinggi dari semester pertama, skor yang lebih tinggi akan dihitung. Jika evaluasi selama semester kedua memperoleh hasil yang lebih rendah dari semester pertama, maka akan dihitung dari hasil semester pertama,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi SPA, Ahad (19/4/2020).

Sebagaimana penjelasannya lebih lanjut, bahwa proses belajar mengajar sampai akhir kalender akademik di bulan Ramadhan tetap dilanjutkan dari jarak jauh (online).

Menteri Pendidikan menambahkan, bahwa siswa yang belum dievaluasi selama semester kedua, diberi kesempatan untuk mendapatkan kesempatan pada awal semester berikutnya dan hasil terbaiknya yang dijadikan akhir penilaian.

 

Baca juga:

Arab Saudi Tetapkan Salat Tarawih dan Idul Fitri Tahun Ini Dilakukan di Rumah

 

Untuk tingkat menengah, siswa akan dianggap lulus di semua mata pelajaran di semester ini tanpa mempengaruhi rata-rata mereka. Kebijakan ini diambil setelah peniadaan ujian tahun ajaran 1441 H sekaligus kelanjutan dari upaya pemerintah menangani keadaan luar biasa pandemi virus corona (COVID-19).

Kementerian juga mengatakan, sekolah internasional swasta dan sekolah internasional asing memiliki hak untuk melakukan evaluasi yang sesuai kondisi saat ini dalam menaikkan kelas dari siswa mereka.

Arab Saudi sendiri telah mencatat 762 kasus baru corona, Jumat (17/4/2020) lalu. Dengan demikian, total pasien terjangkit corona bertambah menjadi 7.142 orang dengan korban meninggal meningkat menjadi 87 jiwa dan 1.049 sembuh.

Sebagian kasus baru ini merupakan hasil contact tracing tim medis yang mengunjungi lingkungan padat penduduk, termasuk di Makkah dan Madinah. Pemerintah memperluas tes corona secara masif sehingga penambahan jumlah pasien positif semakin banyak. (jms/spa/arabnews)

 

Baca juga:

Hasil Pemeriksaan di Makkah dan Madinah, Saudi Catat 762 Kasus Baru COVID-19

 

Responsive image
Other Article
Responsive image